Segala Yang Perlu Diketahui Tentang Lemak Perut!

Fit & Charming / 10 December 2009

Kalangan Sendiri

Segala Yang Perlu Diketahui Tentang Lemak Perut!

Tammy Official Writer
6671
Rahasia Lemak PerutPerut adalah pangkal dimana segala sumber asupan makanan dan minuman yang kita konsumsi bermuara di dalam tubuh kita. Tak heran, lemak-lemak makanan yang kita konsumsi pun bercokol dalam tubuh kita di area ini selain area paha dan pinggul. Tetapi tahukah Anda bahwa lemak di perut lebih berbahaya daripada lemak di paha dan pinggul? Bila ingin menghilangkannya, turunkan berat badan dengan cara yang sehat.

Tetapi sebelum Anda mengambil tindakan-tindakan lain untuk menghilangkan lemak di perut Anda, simak dulu fakta-fakta lainnya:

Apakah lemak perut berbahaya?
"Tumpukan lemak perut berkaitan dengan peradangan dan risiko penyakit kardiovaskular, diabetes, sindroma metabolik," ujar Jensen. Sebuah studi baru menunjukkan, lemak perut bisa meningkatkan peradangan dan pengerasan pembuluh arteri. Adalah benar jika tumpukan lemak di perut lebih berbahaya ketimbang lemak di paha dan pinggul.

Bisakah lemak tak jenuh tunggal membuang lemak perut?
Dalam buku The Flat Belly Diet disebutkan, lemak perut akan luruh dengan diet 1.600 kalori yang kaya lemak tak jenuh tunggal (MUFA-monounsaturated fats). MUFA terdapat dalam alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, zaitun, kedelai cokelat. Namun para ahli mengingatkan, MUFA mengandung lemak 9 kalori/gram, lebih banyak ketimbang karbohidrat dan protein yang 4 kalori/gram. Tetapi yang penting, kontrollah asupan lemak melalui makanan Anda.

Apakah olah raga bisa meratakan perut?
Ratusan kali crunch setiap hari akan sia-sia bila berat badan tidak dikurangi. Jika otot perut tidak diliputi lemak, menguatkannya bisa membuat perut kencang dan ramping. Agar berat badan ideal, Anda harus berpola makan sehat dengan diet kalori terkontrol plus olahraga 60 menit sehari seperti jalan cepat.

Rahasia Lemak PerutApakah ukuran standar tubuh bagian tengah?
Ukuran lingkar pinggang bisa memberi sinyal kondisi kesehatan, status berat badan, dan lemak yang tersembunyi. Jika pinggang lebih dari 101 cm (pria) dan 89 cm (wanita), berarti simpanan lemak Anda sudah berlebihan.

Jadi, apakah lingkar pinggang Anda sudah melebihi batas sewajarnya? Jika ya, lakukanlah diet seimbang yang sehat demi pembatasan kalori diiringi dengan olahraga teratur.

Sumber : gayahidupsehatonline.com
Halaman :
1

Ikuti Kami