Pastor Papua Peraih Yap Thiam Hien Award 2009

Nasional / 9 December 2009

Kalangan Sendiri

Pastor Papua Peraih Yap Thiam Hien Award 2009

Tammy Official Writer
2704
Pastor John Jonga (51), pria asal Flores, NTT ini memang dikenal sebagai rohaniawan keras dan galak jika berhadapan dengan kesewenang-wenangan seseorang terhadap masyarakat kecil yang tertindas.

Mungkin tak pernah terlintas di benaknya, jika pengabdiannya selama 23 tahun di Papua itu telah menunjukkan dedikasi tinggi pada pembelaan hak asasi manusia. Esok hari, 10 Desember 2009, di Hotel Borobudur Jakarta ia akan dianugerahi Yap Thiam Hien Award 2009 bidang penegakan hak asasi manusia.

Dengan demikian, John Jonga menjadi orang kedua di Papua yang memperoleh penghargaan bergengsi tersebut. Sebelumnya di tahun 1999, Mama Yosepha Alomang memperoleh penghargaan serupa sebagai aktivis perempuan dan HAM di Timika.

Nama John Jonga mulai tercium harum antara tahun 2000-2007 saat dirinya mulai bertugas di Waris, salah satu daerah di Kabupaten Keerom yang berbatasan dengan negara Papua Niugini. Bertugas di daerah perbatasan yang dicap sebagai basis gerakan tentara pembebasan nasional organisasi papua merdeka (TPN OPM) membuat dirinya harus berjibaku dengan berbagai pengaduan kekerasan yang dialami masyarakat sipil.

Yap Thiam Hien Award sendiri merupakan ajang penghargaan yang diberikan oleh Yayasan Pusat Studi Hak Asasi Manusia kepada orang-orang yang berjasa besar dalam upaya penegakan hak asasi manusia di Indonesia. Nama penghargaan ini diambil dari nama pengacara Indonesia keturunan Tionghoa dan pejuan hak asasi manusia bernama Yap Thiam Hien.

Sumber : berbagaisumber
Halaman :
1

Ikuti Kami