Hingga Siang Ini, Demo Anti-korupsi Relatif Damai

Nasional / 9 December 2009

Kalangan Sendiri

Hingga Siang Ini, Demo Anti-korupsi Relatif Damai

Puji Astuti Official Writer
2942

Hingga siang ini Rabu (9/12), aksi demo anti korupsi dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia untuk di Jakarta masih berlangsung damai. Namun sungguh disayangkan di beberapa daerah terjadi kericuhan. Salah satunya adalah di Makasar. Metro TV pada siang ini sempat menampilkan terjadinya bentrokan antara massa mahasiswa yang sedang berdemo dengan kepolisian. Polisi sempat menembakkan gas air mata dan menyemprotkan air dan di balas dengan aksi lempar batu oleh mahasiswa.

Di Pamengkasan, Madura, Jawa Timur, enam orang mahasiswa dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) mengalami luka-luka karena di pentung petugas saat berunjuk rasa di depan kantor DPRD setempat. Menurut laporan Antara News tiga mamahasiwa terluka parah akibat aksi pemukulan dari petugas tersebut. Bentrokan ini di picu karena petugas melarang para mahasiswa masuk ke halaman DPRD Pamengkasan.

Dim Syamsudin, Ketua Umum PP Muhammadiyah dan penasihat dari aksi Indonesia Bersih yang hadir dalam aksi damai di Monas mengingatkan para demonstran agar tidak terprovokasi melakukan tindak anarkis.

Pada aksi di Monas ini, berbagai elemen masyarakat membacakan Piagam Indonesia Bersih secara bersama-sama. Isi piagam tersebut adalah sebagai berikut:

Gerakan Indonesia Bersih 2009 :

1. Indonesia harus bersih dari korupsi, tidak cukup hanya pidato anti-korupsi.

2. Lembaga-lembaga negara harus bersih dari koruptor yang merupakan pengkhianat amanat rakyat.

3. Indonesia harus bersih dari koruptor kasus Bank Century.

4. Indonesia harus bersih dari rekayasa dan konspirasi pelemahan KPK dan lembaga penegak hukum.

5. Pemberantasan korupsi harus dimulai dari istana, untuk itu presiden serta semua pejabat publik harus melakukan klarifikasi tentang harta kekayaannya secara benar dan transparan.

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami