Anggota Pansus Bank Century Tandatangani Kontrak Politik

Nasional / 7 December 2009

Kalangan Sendiri

Anggota Pansus Bank Century Tandatangani Kontrak Politik

Puji Astuti Official Writer
2920

Pagi tadi Senin (7/12), ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Jaringan Kampus Nasional menyambangi Gedung DPR RI untuk menemui tim Pansus Bank Century. Para mahasiswa ini meminta  keseriusan dari tim pansus ini yang dibuktikan dengan penandatanganan kontrak politik antara mahasiswa dan tim pansus.

Anggota pansus dari Fraksi PDI Perjuangan tidak keberatan dengan tuntutan para mahasiswa ini, demikian juga dengan Wakil Ketua Pansus, Mahfudz Siddiq yang berasal dari Fraksi PKS. Namun tidak demikian dengan Ketua Pansus Bank Century ini, Idrus Marham yang juga ketua DPP Golkar ini menolak dengan cara yang diplomatis.

"Tanda tangan itu soal gampang, ini soal teknis tapi saya ingin memberikan kesempatan para mahasiswa berbicara dulu dan kami jawab pertanyaan kalian dulu. Jangan sampai tanda tangan hanya untuk cari muka dengan mahasiswa," demikian kata Idrus dalam pertemuan antara tim Pansus Bank Century dan para mahasiswa itu.

Isi kontrak politik yang di berikan oleh mahasiswa yang tergabung dalam JKN itu adalah, pertama mengusut tuntas kasus Bank Century. Kedua, Anggota Pansus Bank Century tidak di perbolehkan menerima suap. Ketiga, anggota pansus berjanji tidak akan menggunakan Hak Angket untuk tawar menawar politik. Ke empat, anggota pansus diminta transparan dan berjanji menuntut pihak yang bersalah sesuai jalur hukum. Dan yang  terakhir, anggota DPR yang bersalah harus siap mundur dari jabatannya.

Setelah pembicaraan yang cukup alot akhirnya Idrus bersedia menandatangani kontrak politik tersebut. Berdasarkan laporan yang di rilis oleh Metro TV, perubahan sikap Idrus dipicu oleh tekanan dari para mahasiswa.

Sumber : Metro TV
Halaman :
1

Ikuti Kami