Kardinal Barragan, Homoseksual dan Trangender Tidak Masuk Surga

Nasional / 3 December 2009

Kalangan Sendiri

Kardinal Barragan, Homoseksual dan Trangender Tidak Masuk Surga

Puji Astuti Official Writer
3540

Seorang Kardinal Katolik Roma mengatakan kepada kaum homoseksual dan transseksual pada hari Rabu mereka tidak akan masuk surga, hal ini menjadi sebuah teguran bagi Vatikan itu sendiri.

"Transsexuals dan homoseksual tidak akan masuk dalam Kerajaan Surga, bukan saya yang mengatakan itu tapi Rasul Paulus," demikian tegas Kardinal asal Meksiko Javier Barragan, mantan pejabat Vatikan yang baru-baru ini pensiun.

Ketika ditanya apakah manusia dilahirkan sebagai homoseksual, Barragan yang komentarnya diposting di situs Katolik konservatif www.pontifex.roma, mengatakan:
"Mereka tidak dilahirkan homoseksual tetapi mereka menjadi seperti itu. Ini disebabkan karena berbagai alasan: pendidikan, karena tidak mengembangkan identitas mereka selama masa remaja mereka, mungkin mereka tidak bersalah, tetapi dengan melawan martabat tubuh mereka tentu tidak akan masuk dalam
Kerajaan Surga. "

"Segala sesuatu yang bertentangan dengan alam dan terhadap martabat tubuh melawan Allah," ia menambahkan.

Aurelio Mancuso, pemimpin kelompok hak gay Italia, Arcigay, mengatakan pernyataan Barragan adalah bagian dari "teori konyol tentang seksualitas dan martabat manusia" Gereja.

Vatikan menjauhkan diri dari komentar-komentar yang pernyataannya sangat tidak biasa karena secara tidak langsung mengkritik para pejabat Gereja.

Juru bicara Vatikan Romo Federico Lombardi mengatakan bahwa pernyataan dalam website tersebut tidak boleh dianggap sebagai pemikiran otoritas Katolik "tentang isu-isu yang kompleks dan sensitif seperti homoseksualitas."

Lombardi mengutip dari Katekismus resmi Gereja Katolik Roma, yang mengatakan tindakan homoseksual adalah "kelainan" tetapi mengakui bahwa banyak orang memiliki "kecenderungan homoseksual bawaan" dan harus diperlakukan dengan hormat dan tidak tunduk pada diskriminasi.

Gereja Katolik mengajarkan bahwa tindakan-tindakan homoseksual berdosa tetapi homoseksualitas dalam dirinya sendiri tidak.

Sumber : Reuters
Halaman :
1

Ikuti Kami