Presiden SBY, Ibu Kota Negara Perlu di Pindah

Nasional / 3 December 2009

Kalangan Sendiri

Presiden SBY, Ibu Kota Negara Perlu di Pindah

Puji Astuti Official Writer
2919

Kemungkinan untuk memindahkan ibukota negara Indonesia dari Jakarta ke wilayah lain sudah lama menjadi pemikiran pemerintah. Hal ini di mulai dari sejak jaman pemerintahan mantan Presiden Soeharto, saat itu ada pemikiran untuk memindahkan pusat ibukota negara ke daerah Jonggol, Jawa Barat. Pemikiran ini kembali muncul saat malam silaturahmi antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan para menteri, gubernur se-Indonesia, dan berserta unsur Muspida serta walikota se Kalimantan Tengah.

"Sekitar 15 tahun yang lalu memang ada pemikiran untuk memindah pusat pemerintahan dari Jakarta, ke daerah Jonggol kawasan Provinsi Jawa Barat," demikian ungkap Presiden SBY saat di Palangkaraya, Rabu malam.

Menurut presiden, wacana pemindahan pusat pemerintahan itu adalah hal yang wajar mengingat Jakarta sudah terlalu padat, namun menurutnya tempat yang baru sebaiknya tidak terlalu jauh dari Jakarta.  Presiden dan Ibu Negara berada di Palangkaraya, Kalteng dalam rangka menghadiri  Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) tahun 2009.

Ibu Kota Jakarta saat ini memiliki berbagai permasalahan yang krusial seperti kemacetan, padatnya penduduk, banjin dan tingkat pencemaran udara yang tinggi. Sekalipun pemindahan pusat pemerintahan bukanlah pekerjaan yang mudah, namun hal ini perlu di pikirkan untuk rencana jangka panjang.

Sumber : Antara News
Halaman :
1

Ikuti Kami