Tips Menjadikan Investasi Sebagai Jaminan Masa Depan Anda

Investment / 28 November 2009

Kalangan Sendiri

Tips Menjadikan Investasi Sebagai Jaminan Masa Depan Anda

Budhi Marpaung Official Writer
2292

Semua orang di dunia ini membutuhkan yang namanya kepastian hidup sehingga mereka pun akhirnya bekerja agar bisa meraih cita-cita dan masa depan yang diidamkannya. Namun, dalam kenyataanya saat ini dunia pekerjaan, bagi sebagian besar orang sudah tidak memberikan keamanan.

Investasi menjadi jawaban atas situasi. Ia menjadi alternatif yang tepat disaat bidang pekerjaan kantor menjadi hal yang sulit untuk dipertahankan hari-hari ini. Walaupun begitu, Anda jangan gegabah menjadi investor karena bisa-bisa tujuan Anda masuk dalam bidang ini jadi meleset karena kurangnya pengetahuan atau masukan dari orang-orang yang Anda temui.

Tips investasi berikut ini akan menjadi penolong untuk Anda agar tidak ragu lagi melangkah dan menjadikan bidang ini sebagai jaminan masa depan:

1.    Rencanakan investasi Anda dengan benar. Banyak dari para calon investor atau investor sebenarnya telah membuat perencanaan bagi investasi yang sedang mereka geluti, namun dalam perjalanannya mereka gagal mengembangkan investasi yang mereka geluti. Perencaaan yang salah adalah jawabannya. Perlu diingat dengan betul bahwa investasi tidak mengenai hari ini, esok, atau lusa. Investasi lebih daripada itu. Ia berbicara mengenai masa 10 tahun ke depan, 20 tahun ke depan, bahkan sampai 50 tahun ke depan. Oleh karena itu, disarankan bagi Anda mulailah membuat perencanaan itu tidak hanya untuk berjangka satu atau dua tahun, tetapi sampai puluhan tahun mendatang.

2.    Buat target pencapaian investasi pada rentang tahun tertentu. Suka atau tidak setiap mereka yang terjun dalam investasi atau dunia kerja harus memiliki target karena hal ini akan membuat Anda menjadi fokus dan impian Anda bagi investasi yang Anda jalani bukanlah angan-angan belaka.

3.    Mulailah membangun jejaring. Manusia adalah makhluk sosial dan tidak ada di dunia ini yang benar-benar berdiri sendiri untuk memenuhi segala kebutuhannya. Kesalahan yang sering timbul ketika seseorang sudah bergerak di dalam dunia investasi, ia menjadi individualis. Ia enggan untuk menjalin relasi dengan orang lain, terutama rekan-rekan sekerjanya dulu. Padahal salah satu kekuatan seseorang membangun investasi / usaha menjadi besar adalah dukungan dari orang-orang yang telah mengenal Anda sebelumnya.

4.    Bangun hubungan pribadi dengan Tuhan. Sebagai para pengikut Kristus, kita harus percaya bahwa pemberi kesuksesan adalah Dia sendiri. Usaha manusia akan sia-sia bila Allah tidak menyertai. Dan kalaupun pada awalnya kita menganggap kita berhasil tanpa Dia itu belum menjamin keberhasilan investasi yang kita jalani. Ketika Anda datang kepada-Nya dalam waktu-waktu doa Anda maka hikmat, kebijaksanaan serta janji-janjiNya yang baru akan Anda dapati.

5.    Jangan pernah berhenti. Selalu ada kerikil-kerikil dalam perjalanan hidup manusia, namun janganlah jadikan itu sebagai alasan Anda untuk berhenti berinvestasi. Lihatlah kembali tujuan Anda berinvestasi yakni menggapai masa depan yang indah dan simpanlah selalu hal itu ketika merasa jenuh atau mengalami stagnasi.

Sumber : Jawaban.Com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami