Uih, hampir 60 Juta Orang Terinfeksi HIV

Uih, hampir 60 Juta Orang Terinfeksi HIV

Daniel Official Writer
1976

Hampir 60 juta orang telah terinfeksi oleh HIV dan 25 juta orang menemui ajal oleh sebab yang berkaitan dengan virus tersebut sejak wabah itu mulai menyerang, demikian data baru yang disiarkan oleh UNAIDS, Selasa (24/11) di Jenewa,Swiss.

Sub-Sahara Afrika tetap menjadi daerah yang paling banyak terinfeksi, sementara wilayah itu menjadi tempat tinggal 67 persen atau 22,4 juta orang yang saat ini hidup dengan virus yang menyebabkan menurunnya kekebalan tubuh manusia tersebut. Di Asia Tenggara dan Selatan, 3,8 juta orang sedangkan di Eropa Timur dan Asia Tengah ialah 1,5 juta orang. UNAIDS mengamati bahwa di semua wilayah itu, wabah tersebut "mengalami peralihan mencolok".

Meskipun berbagai program pencegahan telah membantu memangkas angka penularan sebesar 17 persen selama delapan tahun belakangan, jumlah seluruh orang yang hidup dengan HIV terus naik pada 2008. Sampai penghujung 2008, sebanyak 33,4 juta orang atau 20 persen lebih orang hidup dengan wabah tersebut dibandingkan pada 2000.

Meskpun wabah di Asia pernah terpusat di kalangan kelompok beresiko seperti pekerja seks, pemakai obat-obatan, dan homoseksual, sekarang itu "mengalami perluasan secara tetap ke dalam penduduk beresiko rendah ke mitra seksual mereka yang paling beresiko".

Di Eropa Timur dan Asia Tengah, wabah tersebut pernah memiliki ciri khusus terutama dengan penularan melalui pemakai obat-obatan, tapi sekarang wabah itu bergerak kian dalam ke "penularan mencolok hubungan seksual".

Hati-hati, pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik. Dapat bonus lagi : HIV-AIDS. Puji Tuhan, orang yang hidup dengan HIV pun masih punya pengharapan di dalam Tuhan Yesus. Mereka adalah sasaran kasih Tuhan, hari depan yang penuh harapan masih Tuhan sediakan bagi mereka.

Sumber : antaranews.com

Ikuti Kami