Amerika Sambut Baik Terpilihnya Presiden Uni Eropa

Nasional / 20 November 2009

Kalangan Sendiri

Amerika Sambut Baik Terpilihnya Presiden Uni Eropa

Puji Astuti Official Writer
2893

Amerika menyambut baik terpilihnya Presiden Uni Eropa dan Perwakilan Luar Negeri Uni Eropa, jabatan yang baru dibentuk untuk pertama kalinya sejak Uni Eropa berdiri. Perdana Menteri Belgia, Herman van Rompuy ditunjuk untuk menjabat Presiden Uni Eropa, sedangkan Perwakilan Luar Negeri-nya di jabat oleh Baroness Catherine Ashton asal Inggris Raya.

Amerika berjanji kedepannya akan memperkuat jalinan AS dan Uni Eropa. Namun terpilihnya Rompuy dan Ashton di kecam beberapa pihak karena diragukan kemampuannya untuk memajukan Uni Eropa. Hal ini berdasarkan pengamatan bahwa pengalaman keduanya dalam bidang kebijakan luar negeri sangat terbatas.

Diluar semua kontroversi tersebut, Amerika tetap optimis dengan perkembangan Uni Eropa. Hal ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri AS, Hillary Clinton.

"Dengan penunjukan pemimpin terkemuka ini, saya lebih yakin daripada sebelumnya bahwa bersama-sama kita dapat membangun dunia yang lebih damai dan sejahtera," demikian ungkap Hillary.

Terpilihnya Herman van Rompuy dan Baroness Catherine Ashton adalah hasil pilihan dengan suara bulat dari 27 pemimpin Uni Eropa dalam pertemuan di Brussel. Presiden Uni Eropa selanjutnya akan mengetuai pertemuan rutin Dewan Eropa dimana keputusan penting tentang politik negara-negara yang tergabung dibuat.

Sumber : BBC
Halaman :
1

Ikuti Kami