3 Checklist Untuk Menawar Rumah

Investment / 11 November 2009

Kalangan Sendiri

3 Checklist Untuk Menawar Rumah

Tammy Official Writer
2709
Anda telah memutuskan untuk membeli rumah dan sudah melakukan survey sendiri untuk rumah seperti apa yang ingin Anda beli. Jika Anda membeli rumah dari pengembang (developer, red), maka rumah tersebut umumnya adalah rumah yang masih baru yang berada di kompleks perumahan dan belum pernah ditempati sama sekali. Untuk rumah seperti ini, biasanya harga yang ditawarkan pengembang merupakan harga pas yang tak bisa ditawar lagi.

Selain dari pengembang, Anda juga bisa membeli rumah dari orang yang sudah menempati rumah tersebut alias pemilik rumah alias rumah bekas. Nah, untuk rumah-rumah seperti ini biasanya harga yang ditawarkan masih bisa dinegosiasikan alias ditawar. Sebelum menawar, cek-lah dulu beberapa informasi yang perlu Anda tahu agar Anda lebih siap ketika melakukan tawar menawar harga dengan si penjual:

• Cek apakah rumah yang ingin Anda tawar kurang lebih sama dengan harga rumah-rumah lain di lokasi yang sama dengan kondisi yang sama. Bila harga rumah di tempat lain lebih rendah, Anda bisa meminta si penjual menurunkan harganya yang sesuai dengan pasaran.
• Cek kondisi rumahnya. Apakah rumah tersebut memiliki sejumlah kerusakan yang tak bisa Anda perbaiki oleh Anda nantinya ketika Anda menjadi pemilik rumah tersebut. Semakin banyak kerusakan yang dimiliki, tentunya posisi tawar-menawar Anda bisa menjadi lebih kuat karena Anda bisa meminta si penjual menurunkan harga rumah.
Checklist Menawar Rumah• Cari tahu sudah berapa lama rumah itu ditawarkan untuk dijual. Jika sudah ditawarkan dalam waktu yang cukup lama, si penjual mungkin semakin ingin menjual rumahnya dan mau menerima tawaran harga lebih rendah.

Itulah dia 3 checklist informasi yang perlu Anda ketahui sebelum Anda bergegas melakukan tawar-menawar. Semoga bermanfaat.


Sumber : perencanakeuangan.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami