Waduh.. Lupa Tuh Kalau Hari Ini Hari Pahlawan...

Nasional / 10 November 2009

Kalangan Sendiri

Waduh.. Lupa Tuh Kalau Hari Ini Hari Pahlawan...

Puji Astuti Official Writer
2690

Pada hari ini Indonesia memperingati hari pahlawan. Pagi ini, para pengendara kendaraan bermotor dan pejalan kaki yang melewati Bundaran Hotel Indonesia diminta berhenti pada pukul 08.15 WIB untuk mengheningkan cipta sejenak. Meskipun di himbau, namun banyak orang tidak melakukannya, bahkan banyak mereka yang mengaku tidak tahu kalau hari ini adalah Hari Pahlawan.

Sungguh disayangkan, bangsa sebesar ini masih banyak orang tidak menyadari pentingnya peringatan "Hari Pahlawan". Proklamator Indonesia, Soekarno pernah berkata, "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya." Kemerdekaan Indonesia bukanlah hadiah dari bangsa lain, kemerdekaan yang dinikmati oleh bangsa ini adalah berkat orang-orang yang mengorbankan jiwa, raga dan harta mereka.

Secara nasional, peringatan Hari Pahlawan dipusatkan di Taman Pahlawan Kalibata, Jakarta. Upacara ini dipimpin langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Salah satu hal unik di Hari Pahlawan ini, para arek-arek Suroboyo memperingatinya dengan melakukan napak tilas 10 November. Mereka menirukan aksi heroik para pendahulu mereka. Diantara yang turut dalam acara napak tilas ini tampak Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf, Putra Bung Tomo, Bambang Sulistomo, dan para veteran pejuang.

Sumber : Liputan 6
Halaman :
1

Ikuti Kami