Jerman Rayakan 20 Tahun Robohnya Tembok Berlin

Nasional / 9 November 2009

Kalangan Sendiri

Jerman Rayakan 20 Tahun Robohnya Tembok Berlin

Puji Astuti Official Writer
3332

Tepat 20 tahun lalu atau tanggal 9 November 1989 Tembok Berlin pembatas Jerman Barat dan Jerman Timur dirobohkan. Di hari bersejarah ini, Jerman membuat sebuah momen peringatan dengan menyelenggarakan konser. Hari dimana ada tembok pemisah kini sudah lenyap. Saat ini perbatasan itu tanpa penjaga, tanpa polisi rahasia, dan tanpa kontrol dari partai komunis lagi. Udara kebebasan dan kenyataan yang sebelumnya tidak pernah dibayangkan oleh orang Jerman, kini menjadi bagian kehidupan mereka sehari-hari.

Konser yang akan melantunkan lagu Beethoven dan Bon Jovi ini dilangsungkan di tugu peringatan bagi 139 orang yang terbunuh ketika mencoba menyebrangi perbatasan dari tahun 1961 hingga 1998.

Angela Merkel, Kanselir Jerman pertama dari bekas partai komunis timur mengingat apa yang terjadi dan mengungkapkannya semikian di depan Kongkres Amerika Serikat pada minggu lalu,

"Yang dulunya hanya ada tembok yang gelap, tiba-tiba pintu terbuka dan kami berjalan melaluinya: pergi ke jalan-jalan, ke gereja-gereja, melewati perbatasan itu," ungkap Merkel. "Setiap orang diberi kesempatan untuk membangun sesuatu yang baru, untuk membuat perbedaan, untuk memulai awal yang baru."

Tembok Berlin dibangun oleh partai komunis  pada masa perang dingin dan berdiri hampir selama 28 tahun. Saat ini beberapa bagian dari tembok itu masih ada di museum, namun sebagian besar telah hilang.

Penyatuan kedua Jerman ini adalah sebuah peristiwa bersejarah yang membawa perubahan besar bukan hanya bagi Jerman namun juga dunia. Perayaan 20 tahun dirobohkannya tembok Berlin ini menjadi pengingat akan pentingnya kemerdekaan, kebebasan dan sebuah persatuan.

Sumber : MSNBC
Halaman :
1

Ikuti Kami