Makan Makanan Berprotein Bisa Buat Tulang Rusak?

Gizi & Nutrisi / 7 November 2009

Kalangan Sendiri

Makan Makanan Berprotein Bisa Buat Tulang Rusak?

Budhi Marpaung Official Writer
7275

Hidup di zaman yang biaya kesehatannya sangat mahal mendorong setiap orang berupaya keras agar tetap fit dan segar. Biaya rumah sakit dan dokter yang harganya cukup tinggi menjadi faktor yang cukup beralasan mengapa kesehatan menjadi hal yang sangat dijaga.

Salah satu bagian tubuh yang tetap harus kita perhatikan adalah tulang. Bila tulang kita mengalami masalah maka otomatis pekerjaan kita pasti akan bermasalah juga. Fungsi sebagai penyangga dan pelindung organ tubuh membuat bagian tubuh yang satu ini tidak boleh diremehkan.

Salah satu cara untuk melindungi tulang kita agar tetap kuat adalah dengan mengatur asupan yang masuk ke dalam tubuh kita. Mengkonsumsi protein secara berlebihan akan menyebabkan hasil metabolismenya bersifat asam dan bila ini terjadi maka pengeluaran kalsium dalam urin akan semakin banyak. Hal ini tentu sangatlah berbahaya karena kalsium merupakan salah satu zat yang sangat penting untuk tulang.

Selain menghindari mengkonsumsi makanan mengandung zat protein secara berlebihan, sebaiknya Anda juga terlalu banyak minum minuman yang berkafein seperti kopi. Menikmati kopi setiap hari juga dapat mempertinggi pengeluaran kalsium dalam urine. Setiap minum 1 cangkir kopi maka kalsium yang terbuang melalui urin setara dengan kalsium yang terdapat dalam 1 sendok makan susu.

Yang perlu Anda perhatikan disini adalah bahwa Anda bukan tidak boleh mengkonsumsi makanan/minuman yang mengandung nutrisi seperti diatas, tetapi lebih kepada mengatur porsinya. Sesuatu yang berlebihan bukankah tidak baik bukan?  

Sumber : Kompas.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami