Atur Uang Anda, Jangan Sampai Terbakar!

Investment / 1 November 2009

Kalangan Sendiri

Atur Uang Anda, Jangan Sampai Terbakar!

Tammy Official Writer
2885
Uang memang tidak dapat membelikan kita kebahagiaan. Tetapi jika kita teledor menangani uang kita pun, bisa-bisa malah mendatangkan malapetaka. Ya, uang Anda sedikit banyak pasti memberikan kontribusi untuk kebahagiaan Anda juga. Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana mengatur uang, tagihan-tagihan, pengeluaran harian, dan kebutuhan tak terduga. Jangan sampai di akhir bulan Anda justru panik karena uang Anda sudah habis sebelum waktunya.

Cobalah ikuti langkah panduang berikut dalam mengatur keuangan pribadi Anda, dalam waktu singkat bisa membantu Anda merasa lebih bertanggung-jawab terhadap keuangan Anda:

1. Periksa pembukuan Anda
Ini termasuk bagian yang sulit, terutama bagi Anda yang suka berfoya-foya. Tetapi dengan mengetahui keadaan keuangan lewat catatan keluar-masuknya uang Anda sangat berguna dan biasanya bisa menolong Anda agar tidak lebih besar pasak daripada tiang.

Pembukuan haruslah menjadi kebiasaan. Solusi terbaik adalah menuliskan berapa uang Anda yang masuk dan keluar di buku catatan khusus atau di lembar kerja Excel. Anda bisa membagi-bagikan pencatatan Anda ke berbagai kategori, misalkan belanja, makanan, bensin, hiburan, kebutuhan mendadak, atau tagihan listrik/air/telepon/kost. Tetapi jika karena kesibukan tidak mungkin dilakukan setiap hari, maka cara terbaik adalah memeriksa rekening Anda setiap minggu, jadi Anda bisa mengetahui dengan pasti berapa yang telah Anda belanjakan.

2. Bayar bulanan dengan efektif dan efisien
Jika ada fasilitas direct debit di awal bulan, ini lebih baik, karena begitu Anda menerima gaji, tak berapa lama lagi bank akan memotong sejumlah uang untuk melunasi kewajiban bulanan Anda, sehingga Anda dapat mengetahui berapa uang tersisa. Dengan cara ini, Anda tak perlu kelabakan mencari dana yang besar ketika tenggat waktu pembayaran sudah jatuh tempo.

3. Lakukan budgeting
Hitung pengeluaran rutin Anda tiap bulan (tagihan, pajak, asuransi, cicilan kredit, dan lain-lain) lalu perkirakan pengeluaran harian yang biasa dikeluarkan. Jumlah semua angkanya, dan jangan lupa memakai perhitungan ‘terburuk' atau ‘terboros' untuk mengantisipasi kebutuhan mendadak. Angka dari budgeting ini bisa menjadi patokan bulanan Anda, dan yakinkan memang tersedia dari gaji Anda.

4. Jangan tunda pembayaran
Dari budgeting yang telah Anda lakukan, Anda sudah mengetahui pengeluaran rutin Anda tiap bulannya, usahakan agar Anda tak pernah menunda pembayaran cicilannya. Jika itu yang Anda lakukan, alih-alih Anda bisa lupa membayarnya sama sekali. Akibatnya, Anda bisa terkena denda atau kehilangan servis yang seharusnya bisa Anda nikmati.

Kartu Kredit5. Jangan beli kredit
Banyak orang menyesal karena terburu-buru membeli sesuatu karena kredit, padahal mereka tak begitu membutuhkannya atau tak mampu membayarnya. Kartu kredit memiliki bunga yang cukup tinggi, begitu juga kredit yang diberikan toko. Lupakanlah membeli kredit. Lebih baik Anda menabung sampai uang Anda terkumpul, barulah lakukan pembelian.

Sumber : hanyawanita.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami