Tips Kelola Semua Tagihan Anda

Investment / 27 October 2009

Kalangan Sendiri

Tips Kelola Semua Tagihan Anda

Tammy Official Writer
3246
Coba ingat, berapa banyak tagihan harus Anda bayar setiap bulannya? Tagihan PLN, PAM, kartu kredit, handphone, premi asuransi, telkom, atau KPR? Akibat terlalu banyaknya tagihan, tagihan Anda terselip dan Anda terkena denda saat membayarnya.

Runyam memang kalau hal ini sampai terjadi. Namun harus diakui, kemungkinan ini akan sangat besar terlebih dengan semakin bertambahnya jenis tagihan Anda dan makin padatnya kesibukan Anda setiap harinya.

Mungkin tak jadi masalah jika tagihan-tagihan itu datang di hari yang sama, besarnya sama, dan jatuh temponya sama pula. Tapi kenyataannya tak seperti ini bukan? Perbedaan besar uang yang harus dibayar dan jatuh tempo yang berlainan sering membuat kita repot mengaturnya. Apalagi jika tagihan-tagihan itu berceceran di sana-sini sehingga Anda harus menyediakan waktu cukup lama hanya untuk mengecek setiap tagihan dan mempersiapkan diri untuk membayarnya.

Agar kita tak lagi dipusingkan dengan urusan semacam ini, sudah saatnya kita mulai kelola tagihan-tagihan ini. Mengurus tagihan tak sekedar menaruh atau mengumpulkannya di tempat khusus. Agar periode pembayarannya dapat diketahui dengan cepat dan jelas harus diatur secara sistematis. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan agar sistematis ini bisa menjadi kebiasaan Anda dalam mengelola tagihan-tagihan Anda:

• Sediakan tempat khusus.
Ini akan mempermudah Anda mengecek tagihan setiap bulannya. Sediakan beberapa kantong untuk memisahkan tagihan yang sudah terbayar dan belum terbayar. Beri label setiap kantong untuk mempermudah pengecekan dan pencarin.

• Klarifikasikan secara praktis.
Bedakan tagihan dengan klarifikasi tertentu, misalnya menurut perbedaan tanggal jatuh tempo di setiap bulannya atau dibedakan sesuai jenis tagihan (PAM, kartu kredit, dll)

• Sediakan alat tulis dan kertas memo.
Tak jarang Anda harus menulis catatan tertentu perihal tagihan Anda, untuk itu sediakan alat tulis dan kertas atau amplop, agar mudah menemukan ketika Anda memerlukannya.

Menangani Tagihan Anda• Sediakan waktu untuk membaca dan meneliti tagihan-tagihan tersebut.
Jika tagihan sudah dibayar, pindahkan ke sebuah kotak penyimpanan. Anda dapat menentukan waktu sendiri kapan tagihan-tagihan yang sudah terbayar ini akan dibuang. Penyimpanan tagihan yang sudah terbayar dan bukti pembayaran selama beberapa waktu tertentu ini untuk menjaga kemungkinan terjadi kesalahan pencatatan antara Anda dengan instansi penagih atau bank.

Sumber : Tabloid Rumah
Halaman :
1

Ikuti Kami