10 Tips Sukses Berinvestasi Jangka Panjang

10 Tips Sukses Berinvestasi Jangka Panjang

Budhi Marpaung Official Writer
2922

Setiap orang yang berinvestasi pastilah tujuannya agar dia dapat sukses dan apa yang dia telah investasikan terus berkembang dan berkembang. Tetapi, tidak sedikit dari mereka yang mengambil peran dalam investasi akhirnya hanya bisa merasakan keberhasilan itu dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, kali ini artikel investasi kali ini akan memberikan bagaimana Anda dapat sukses berinvestasi dalam jangka waktu yang panjang.

1. Jual bagian investasi yang turun dan biarkan yang bagus tetap berjalan. Hal ini sangat penting khususnya bagi Anda yang saat ini yang sedang bingung memilih bagian mana dari investasi Anda yang harus "disingkirkan". Kerugian dalam jumlah yang lebih banyak lagi akan terminimalisir dengan melakukan penjulan dari bidang-bidang Investasi yang tidak memberikan hasil positif

2. Jangan mengejar "Tips dari Orang Lain". Walaupun ada saudara, teman, keluarga Anda yang menawarkan diri ingin membantu Anda dalam berinvestasi dengan cara memberikan tips-tips, janganlah Anda langsung menerimanya. Ini bukan berarti Anda menjadi orang yang tidak membutuhkan orang lain. Bukan, bukan itu. Yang dimaksud disini adalah Anda harus menemukan sendiri tujuan dari investasi sedang dijalani saat ini. Andalah pengaturnya, bukan orang lain.

3. Jangan terlalu banyak mengeluarkan energi untuk sesuatu yang tidak terlalu penting. Bila Anda berfokus kepada satu atau beberapa hal tidak memiliki pengaruh besar dengan investasi yang sedang dijalani saat ini, maka Anda akan letih dan efeknya hal yang penting dengan investasi Anda jadi tidak maksimal dikerjakan.

4. Jangan terlalu berpatok kepada rasio harga-pendapatan. Pada umumnya investor-investor terlalu mendewakan rasio harga-pendapatan (price-earnings ratio). Jadi bila rasio harga-pendapatan kecil berarti saham Anda tidak aman, dan sebaliknya. Rasio harga-pendapatan hanyalah satu alat dari banyak alat lain untuk mengetahui bagus tidaknya investasi yang sedang Anda pegang ini. (tips ini lebih tepat ditujukan kepada investor yang bergerak dalam bidang saham/sekuritas).

5. Hiraukan iming-iming berinvestasi dalam uang logam bernilai kecil (uang sen). Di Indonesia, investasi jenis ini hanya ditemui atau dilakukan oleh investor negeri ini yang bergerak dalam bidang saham atau sekuritas. Hanya saja, tips kelima ini bagus diketahui oleh setiap investor karena tips ini mengajarkan kita untuk jangan terlalu percaya bahwa  investasi dengan nilai yang kecil tidak terlalu berisiko. Padahal bisa jadi yang investasi bernilai kecil ini sangat berisiko dibanding investasi dengan nilai yang lebih besar.

6. Buatlah strategi dan jalani strategi tersebut. Tidak ada orang yang dapat menang bila Anda tidak merancangkan dahulu langkah-langkah meraih kemenangan tersebut. Begitupun dengan investasi, dianjurkan setiap investor membuat strategi agar bisa mengembangkan investasi yang dijalaninya. Namun, jangan berhenti sampai pembuatan saja, lakukanlah setiap langkah-langkah yang sudah dirancangkan dalam strategi tersebut.

7. Fokuslah pada masa depan. Seringkali seorang investor merasa lelah dan tidak lagi mau menjalani investasinya karena mereka hanya berpikiran untuk hari ini,  beberapa minggu ini, bulan ini atau satu tahun ini. Masa depan menjadi hal kedua yang dalam pikirannya. Padahal seharusnya tidak begitu, masa yang akan datang adalah yang menjadi utama ketika dia berinvestasi.

8. Adopsi perspektif jangka panjang. Jika Anda menerima keuntungan dalam tahun-tahun awal kita berinvestasi, itu bukan berarti Anda telah sukses berinvestasi dan tidak akan mengalami kesulitan. Ingatlah, selalu ada hal-hal yang tidak terduga di dunia ini dan itu bisa berdampak kepada investasi Anda saat ini. Jika Anda tidak fokus dengan masa mendatang maka jika sesuatu yang buruk terjadi dan berakibat kepada investasi Anda maka Anda dipastikan jatuh dan tidak punya keinginan untuk maju lagi. Semua yang Anda lakukan sejak lama pun, hasilnya tidak terihat sama sekali.

9. Milikilah pikiran yang terbuka. Kualifikasi menjadi seorang investor, selain kreatif dan ulet, dia adalah seorang yang memiliki wawasan yang luas. Hal ini hanya didapat jika kita tidak terlalu memegang sesuatu dengan sangat kuat yang sebenarnya masih memiliki kelemahan. Dunia ini terus bergerak dan memiliki masa-nya sendiri. Jika Anda hanya berpaku pada satu investasi tanpa ada pengembangan maka dapat dipastikan lama kelamaan investasi Anda akan hancur.

10. Jangan lupakan membayar pajak. Seringkali para investor sangat bagus dalam sembilan tips diatas, tetapi melupakan yang satu ini. Pajak adalah kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap mereka yang sudah terdaftar sebagai wajib pajak. Tidak ada bantahan untuk hal ini. Yesus pun melakukan hal yang sama ketika Dia ada di dunia yakni membayar pajak sesuai dengan peraturan yang berlaku saat itu. Sudah selayaknya kita sebagai para pengikut-Nya melakukan hal yang sudah diteladani oleh Tuhan kita.

Sumber : investopedia/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami