Di Mexico, Taksi Pink Hanya Untuk Wanita Loh..

Nasional / 24 October 2009

Kalangan Sendiri

Di Mexico, Taksi Pink Hanya Untuk Wanita Loh..

Puji Astuti Official Writer
2675

Jika Anda berkunjung ke Mexixo dan memberhentikan taksi, ketahuilah bahwa taksi berwarna pink dengan pengemudi wanita hanya untuk para penumpang wanita. Tiap taksi berwarna pink ini di lengkapi dengan system GPS dan juga tombol alarm untuk bahaya.

Taksi ini mungkin di cetuskan karena banyak orang sudah lelah menghadapi para supir taksi pria yang sering mengganggu para penupang wanita.

"Beberapa penumpang wanita pernah bercerita pada saya bagaimana supir taksi pria telah keluar batas dan mencoba melecehkan mereka,"demikian ungkap Aida Santos, salah satu supir wanita dari armada taksi pink ini. "Di taksi pink ini mereka tidak perlu merasa kuatir akan keamanan mereka, dan juga lebih merasa santai."

Taksi baru ini selain menguntungkan para perempuan yang membutuhkan transportasi umum yang aman dan nyaman, juga membuka batasan bagi profesi supir taksi yang selama ini di dominasi oleh kaum pria.

Taksi khusus wanita ini telah beroperasi sejak lama dari Moscow hingga Dubai. Untuk di Mexico sendiri, layanan ini terbilang baru. Untuk memulai bisnis ini, pihak Pink Taxi de Puebla harus menginfestasikan uang sebesar 5.8 juta peso atau sekitar 440.000 dolar Amerika. Pada tahun 2007, perusahaan sudah pernah mengajukan ijin untuk peluncuran layanan ini namun di tolak. Mungkin karena meningkatnya kejahatan di kota metropolitan sekelas Mexico ini, akhirnya pihak berwenang memberi ijin juga pada tahun 2009 ini.

Apakah di Jakarta juga perlu ada taksi jenis ini ya? Tentunya dengan adanya layanan seperti ini para wanita bisa lebih nyaman dan aman bahkan ketika diharuskan beraktifitas hingga larut malam.

Sumber : MSNBC
Halaman :
1

Ikuti Kami