Krisis Listrik Melanda, Cari Genset Sampai ke Luar Negeri

Nasional / 21 October 2009

Kalangan Sendiri

Krisis Listrik Melanda, Cari Genset Sampai ke Luar Negeri

Lestari99 Official Writer
2728

Krisis listrik ternyata tidak hanya dialami Jawa dan Bali, apalagi daerah seputar Jabodetabek yang terus merasakan dampaknya karena pemadaman bergilir terus dilakukan sampai awal tahun depan. Krisis pasokan listrik juga dialami oleh Provinsi Sulawesi Selatan.

Mencoba mengatasi hal ini, pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bersama dengan PLN wilayah Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara menyepakati 5 solusi untuk mengatasi krisis listrik di wilayah tersebut, salah satunya adalah mencari genset sewaan sampai ke Singapura dan Vietnam. Jalan ini ditempuh karena genset dengan spesifikasi yang dibutuhkan tidak tersedia di Indonesia. Seluruh genset yang ada di seluruh Indonesia hanya 63 megawatt, belum cukup untuk mengatasi krisis listrik di Sulses. Hal ini diungkapkan oleh Gubernur Sulsel Syahrul Yasim Limpo.

Saat ini pemda dan PLN Sulsel membuka peluang bagi siapa saja yang bisa menyewakan genset untuk memenuhi tenggat waktu dalam upaya menangani masalah kelistrikan akibat rusaknya alat PLTGU Sengkang dan minimnya debit air di PLTA Bakaru. Pemprov Sulses menanggapi krisis listrik ini dengan serius karena mereka menghindari terganggunya kegiatan ekonomi rakyat apalagi banyak investor yang saat ini sedang melirik Sulsel untuk menanamkan modalnya di provinsi ini.

Listrik memang menjadi komoditas penting bagi industri perekonomian rakyat. Bila tidak segera ditangani, banyak industri yang akan gulung tikar karena produksi tidak dapat berjalan dengan baik. Bila hal ini terjadi, pemerintah daerah juga yang terkena dampaknya. Bagaimana pun juga, keseriusan pemerintah propinsi Sulsel patut diacungi jempol dan dihargai.

Sumber : antaranews
Halaman :
1

Ikuti Kami