Tips Hutang Anda Lunas nas nas

Investment / 20 October 2009

Kalangan Sendiri

Tips Hutang Anda Lunas nas nas

Tammy Official Writer
4921
Sebenarnya tak ada seorang pun yang ingin dirinya terlilit hutang. Tetapi memang perjalanan ekonomi sehari-hari tak semudah itu, jika sudah kepepet, pilihan meminjam uang kepada orang lain pun mau tak mau harus dilakukan demi menyokong kondisi keuangan yang sudah mulai terkikis.

Terkadang, tak sedikit orang yang berada di bawah tekanan memutuskan untuk meminjamkan uang. Karena inilah, kebanyakan dari mereka yang melakukannya karena terdesak suatu kebutuhan, sesudahnya merasa kewalahan untuk melunasi pinjaman-pinjamannya. Faktor ketidaksiapan inilah yang dapat menimbulkan depresi dan stres jika hutang-hutangnya belum bisa dilunasi. Apalagi jika ditambah situasi penagih sudah bolak-balik menagih. Berikut beberapa tips yang dapat menolong Anda melunasi kewajiban Anda yakni hutang-hutang Anda:

1. Begitu terima gaji bulan ini, jangan tunda-tunda lagi untuk segera lunasi hutang Anda!
Namanya saja hutang sebagai kewajiban, Anda sudah mendapatkan hak Anda yaitu gaji Anda, sekarang waktunya untuk melunasi kewajiban Anda. Takut penghasilan Anda menjadi berkurang? Wah, itu sudah resiko Anda. Jika diulur-ulur terus, bisa-bisa nama baik Anda jadi taruhannya karena bisa saja kepercayaan yang diberikan si pemberi pinjaman bisa saja berkurang terhadap Anda lantaran tak bisa melunasi pinjaman tepat waktu.

2. Ikuti arisan jika masih ada waktu untuk melunasi hingga mendekati deadline dan ternyata gaji Anda belum mencukupi.
Jika deadline pelunasan masih relatif jauh berarti masih ada waktu untuk mengumpulkan uang untuk melunasi semua hutang-hutang Anda. Ada solusi lain untuk melakukannya, yakni Anda bisa ikut dalam kegiatan arisan.

Mengapa arisan? Karena arisan memiliki sistem pengundian yang bersifat kekeluargaan dimana ini bisa menguntungkan Anda. Disaat nama Anda keluar sebelum deadline pelunasan, berarti jumlah uang yang Anda dapatkan dari arisan yang diikuti bisa sedikit mengurangi beban Anda dalam pelunasan hutang Anda.

Tetapi jika nama Anda keluar setelah deadline, Anda bisa meminta kebijaksanaan dari anggota arisan yang lain agar nama Anda bisa ditukar dengan anggota lain yang namanya keluar lebih dahulu dengan alasan keperluan yang mendesak. Tentu saja itu semua tergantung dari kebijaksaan anggota arisan lainnya dan bagaimana Anda menyampaikan tujuan Anda.

Hutang Lunas3. Mengurangi pengeluaran Anda pasca meminjam uang.
Tentu saja ini adalah cara ampuh agar Anda dapat sisihkan uang demi melunasi semua tagihan hutang Anda. Daripada tabungan Anda di bank menjadi berkurang dengan sikap konsumtif yang tak terkendalikan sehingga kewajiban untuk melunasi hutang menjadi terabaikan, bukankah lebih baik diperlukan sedikit pengendalian diri agar semuanya beres?

Sumber : hanyawanita.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami