Wow, 20 Tahun Lagi Manusia Bisa Hidup Abadi!

Nasional / 14 October 2009

Kalangan Sendiri

Wow, 20 Tahun Lagi Manusia Bisa Hidup Abadi!

Tammy Official Writer
4347
Terdengar mustahil atau mengkhayal, tetapi menurut seorang ilmuwan bernama Ray Kurzweil, hal ini memungkinkan!
 
Ray Kurzweil mengklaim bahwa manusia bisa menjalani hidup abadi dalam waktu 20 tahun mendatang melalui nanoteknologi dan pengetahuan yang bertambah tentang bagaimana tubuh bekerja, khususnya pemahaman tentang gen-gen tubuh. Secara teoritis, saat pemahaman gen ditambahkan dengan teknologi komputer meningkat begitu cepat, maka nanoteknologi akan mampu menggantukan banyak organ-organ vital manusia, yang menurutnya dapat tersedia dalam 20 tahun ke depan.
 
Teorinya yang kendati terdengar tak masuk akal ini, disebutnya sebagai teori Law of Accelerating Return. Hal ini memungkinkan mengingat pankreas buatan dan implant syaraf sudah ada di era sekarang.
 
"Saya dan banyak ilmuwan lainnya percaya, dalam 20 tahun ke depan kita dapat memprogram kembali software tua tubuh kita, dan mengubah sistem penuaan. Teknologi akan membuat kita hidup selamanya," tukasnya dalam harian Telegraph.
 
Ia menerangkan bahwa dengan nanobot akan menggantikan sel-sel darah dan bekerja lebih efektif. Dalam kurun waktu 25 tahun, kita manusia dapat berlari dalam ajang Olimpiade selama 15 menit tanpa mengambil nafas atau menyelam selama empat jam tanpa oksigen. Ia juga menambahkan, dengan nanoteknologi dapat memperluas kapasitas mental manusia sedemikian rupanya, sehingga kita dapat mampu menulis buku dalam beberapa menit saja.
 
Ray Kurzweil"Jadi, kita dapat berharap suatu saat dunia akan dihuni dimana manusia menjadi Cyborgs, dengan kaki buatan dan organ palsu," tandas Ray Kurzweil.
 
Mendengar penuturan ilmuwan ini, membuat ingatan kita dibawa ke dalam film-film futuristik yang menggambarkan manusia-manusia cyborg itu eksis. Tapi tak pernah disangka bahwa dalam kehidupan nyata hal itu memungkinkan. Jika kita kembali ke masa Perjanjian Lama, manusia-manusia yang memiliki umur panjang hingga ribuan tahun itu memang benar adanya. Tetapi itu dikarenakan kesehatan alami masa dulu yang belum terkorup oleh kecanggihan teknologi masa sekarang, yang justru menyebabkan banyak orang meninggal, ditambah dengan kasih karunia Tuhan saja orang dapat berumur panjang.
 
Waktu yang akan membuktikan perkataan ilmuwan ini. Manusia bisa berusaha untuk memiliki umur panjang atau bahkan untuk hidup abadi, tetapi hidup dan mati tetaplah di tangan Sang Pencipta manusia yakni Tuhan semata.
Sumber : okezone.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami