Nobel Ekonomi Diraih Wanita Untuk Pertama Kalinya

Nasional / 13 October 2009

Kalangan Sendiri

Nobel Ekonomi Diraih Wanita Untuk Pertama Kalinya

Tammy Official Writer
2697
Semenjak digulirkan pada tahun 1968, Nobel Ekonomi di tahun ini untuk pertama kalinya diberikan kepada seorang wanita. Elinor Ostrom menjadi wanita pertama yang terpilih sebagai pemenang Nobel Ekonomi.

Ia akan berbagi hadiah Nobel Ekonomi, sejumlah 10 juta kronor Swedia, bersama rekan sejawatnya yang juga asal Amerika Serikat, Oliver Williamson, atas penelitian masing-masing di bidang economic governance. Semenjak tahun 1980, hadiah ini sudah diberikan kepada warga Amerika Serikat sebanyak 24 kali.

Hadiah Nobel Ekonomi diadakan oleh bank sentral Swedia pada tahun 1968 untuk mengenang Alfred Nobel. Akademi Sains Kerajaan Swedia memuji Profesor Ostrom, yang mengajar di Indiana University, atas analisisnya mengenai economic governance, dan menyatakan karyanya telah menunjukkan bagaimana common property bisa dikelola secara gemilang oleh kelompok-kelompok yang menggunakannya.

Untuk bidang ekonomi, memang untuk pertama kalinya wanita mendapatkan penghargaan Nobel tersebut. Tetapi untuk kategori penghargaan lain sudah cukup banyak wanita juga yang mendapatkan penghargaan Nobel seperti Mother Theresa dan Aung San Suu Kyi yang meraih Nobel Perdamaian, Marie Curie pada bidang Fisika dan Kimia. Dan penghargaan Nobel paling banyak yang diraih oleh wanita ada di bidang literatur, dan diikuti dalam bidang perdamaian.

Penghargaan ini merupakan bukti nyata bahwa wanita memang mendapat tempat di masyarakat untuk melakukan perubahan. Kiranya informasi ini dapat memotivasi setiap wanita untuk bekerja yang terbaik di bidangnya masing-masing.

Sumber : berbagaisumber/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami