Manfaatkan Uang Bonus Dengan Cerdas

Investment / 11 October 2009

Kalangan Sendiri

Manfaatkan Uang Bonus Dengan Cerdas

Tammy Official Writer
3781
Setelah sebulan bekerja keras, ternyata perusahaan Anda bekerja memberikan bonus sebagai timbal-balik yang pantas atas kerja keras Anda selama ini. Apakah yang akan Anda lakukan dengan uang tersebut? Berfoya-foya dengan uang bonus tersebut, atau justru sebaliknya memanfaatkan untuk hal-hal yang jauh lebih berguna? Itu adalah hak Anda. Tetapi uang bonus yang bagaikan ‘durian runtuh,' jangan sampai terhabiskan dengan sia-sia.

Jangan lantas terbawa suasana dan juga menjadi lupa diri dalam memakai uang bonus tersebut, karena kita tak pernah tahu segala sesuatu yang akan terjadi ke depannya, dimana sebenarnya ‘durian runtuh' yang didapat akan jauh lebih bermanfaat di masa depan daripada untuk penggunaan di masa sekarang.

Diperlukan perlakuan bijak dalam menggunakan uang bonus tersebut. Berikut tips-tips bijak agar Anda dapat menggunakan uang bonus dengan tidak salah sasaran:

Segera lunasi kewajiban Anda
Ya, segera lunasi kewajiban Anda apabila ternyata Anda memiliki tunggakan cicilan atau hutang. Berbeda dengan uang gaji bulanan yang sudah memiliki post-nya masing-masing untuk kebutuhan bulanan, uang bonus dapat menjadi "penolong" untuk melengkapi dan menutupi kebutuhan atau kewajiban yang sulit untuk dipenuhi. Ya, "durian runtuh" ini dapat menolong Anda untuk segera terbebas dari belitan hutang.

Tabungkan atau investasikan
Menabung seluruh uang bonus atau sebagiannya adalah cara jitu untuk meningkatkan jumlah saldo tabungan Anda. Selain itu, dengan menabung berapapun sejumlah uang dari uang bonus Anda, Anda mempunyai simpanan dana untuk keperluan darurat di masa mendatang

Jika Anda tak tertarik untuk menabung uang bonus tersebut, Anda bisa menginvestasikannya dengan cara yang mudah, misalkan investasi emas, membuka small business, atau investasi di saham atau reksadana.

Uang BonusBersenang-senang saja? Tetap buat rencana dan kalkulasinya!
Untuk menghindari pemborosan, sebaiknya buat perhitungan untuk setiap rencana yang akan Anda lakukan dalam memanfaatkan uang bonus tersebut. Sesuaikan dengan jumlah uang bonus Anda, jangan sampai Anda malahan nombok apalagi berhutang.

Hargai diri sendiri
Untuk mendapatkan bonus tersebut tentunya banyak perjuangan atas kinerja yang Anda lakukan sewaktu Anda bekerja. Sadar bahwa untuk mendapatkan hak bonus Anda ini membutuhkan waktu yang relatif cukup lama dan juga pengorbanan, jadikanlah poin ini sebagai batasan Anda untuk dapat bersikap bijak mengelola bonus dan menghargai jerih payah Anda sendiri.

Sumber : hanyawanita.com
Halaman :
1

Ikuti Kami