Melakukan Suap, Oknum Petugas Samsat Terekam Kamera KPK

Melakukan Suap, Oknum Petugas Samsat Terekam Kamera KPK

Budhi Marpaung Official Writer
2767

Komisi Pemberantasan Korupsi kembali unjuk gigi. Setelah beberapa waktu lalu lembaga bentukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menghadapi permasalahan dengan antarlembaga hukum seperti kepolisian dan kejaksaaan, kali ini peran KPK kembali menunjukkan taringnya.

Seperti yang terjadi kamis pagi ini dimana Wakil Ketua KPK, M Jasin dan Deputi Pencegahan KPK, Eko Tjiptadi menyingkap praktik suap dan percaloan di beberapa lembaga pelayanan publik di ibu kota Jawa Timur, Surabaya.

M Jasin memperlihatkan gambar seorang petugas samsat yang sedang menerima sesuatu yang kemudian dimasukkan ke dalam kantong celananya. Gambar ini menurutnya merupakan hasil rekaman kamera yang disembunyikan oleh KPK di tempat tersebut.

Selain gambar oknum petugas samsat yang kedapatan menerima amplop, ada beberapa gambar lain dari lembaga pemerintah yang melakukan hal serupa. Gambar-gambar ini ditunjukkan pada saat KPK mengunjungi Kantor Gubernur Jatim, Kamis (8/10) kemarin.

Sementara itu, Gubernur Jatim Soekarwo menyambut baik apa yang dilakukan oleh lembaga yang saat ini dipimpin Tumpak Hatorangan. Menurutnya, hal itu adalah sebuah langkah yang baik untuk "mencabuk" lembaga-lembaga pemerintah yang di daerah untuk memberikan pelayanan lebih baik ke depannya.

Apa yang ditunjukkan di Surabaya kemarin hari hendaknya bukanlah sebuah pembangunan citra lembaga KPK yang sempat menurun. Perlu pembuktian yang cukup lama agar KPK kembali dipercaya masyarakat Indonesia.

Sumber : VIVAnews/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami