Ayo, Negeri Mana Yang Paling Enak Untuk Hidup?

Nasional / 6 October 2009

Kalangan Sendiri

Ayo, Negeri Mana Yang Paling Enak Untuk Hidup?

Tammy Official Writer
4628
PBB pada hari Senin kemarin, 5/10, mengeluarkan data negara mana yang paling diinginkan di dunia untuk ditinggali. Dan ternyata Norwegia berhasil mempertahankan statusnya sebagai Negara yang paling diinginkan di dunia untuk hidup.

Data yang dikumpulkan sebelum krisis ekonomi global menunjukkan orang di Norwegia, Australia, dan Islandia memiliki standar hidup terbaik. Sementara, Niger, Afganistan, dan Sierra Leone tercatat yang terburuk menurut ketentuan pembangunan manusia.

Data ini didapatkan dengan menggunakan data 2007 mengenai GDP per kapita, pendidikan dan usia harapan hidup, dan menunjukkan perbedaan yang ditandai antara Negara-negara maju dan dunia berkembang.

UNDP menyatakan, ""Meskipun ada peningkatan yang signifikan, kemajuan telah tak seimbang Banyak negara mengalami kemunduran pada beberapa dasawarsa belakangan ini, menghadapi kecenderungan menurun ekonomi, krisis terkait-konflik dan epidemi HIV/AIDS, dan ini bahkan sebelum dampak krisis ekonomi global dirasakan."

NorwegiaUsia harapan hidup di Niger adalah 50 tahun, sekitar 30 tahun lebih pendek dari di Norwegia, menurut indeks tersebut. Untuk setiap dollar AS yang diperoleh per orang di Niger, 85 dollar AS diperoleh di Norwegia.

Lima negara yakni China, Venezuela, Peru, Kolombia dan Perancis naik tiga tingkat atau lebih dari tahun sebelumnya, yang didorong oleh pendapatan yang lebih besar dan usia harapan hidup lebih lama. China, Kolombia dan Venezuela juga mencatat lebih baik karena perbaikan dalam pendidikan.

UNDP, yang mempublikasikan indeks tahunan sejak 1990, mengatakan pembangunan manusia meningkat secara global dengan 15 persen sejak 1990, dengan China, Iran dan Nepal sebagai negara-negara yang mencapai peningkatan terbesar menurut peta itu.

Bagaimana dengan Indonesia? Yuk, bersama-sama kita buktikan bahwa kita pun bisa membangun negeri ini bersama-sama menjadi lebih baik lagi. Kita bangun mentalitas kita sebagai negeri yang kreatif, indah dengan alam dan budayanya, serta penerus bangsa yang pekerja keras.

Sumber : kompas.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami