Sebuah Keluarga Lepas Dari Hutang Senilai 1 Miliar

Investment / 5 October 2009

Kalangan Sendiri

Sebuah Keluarga Lepas Dari Hutang Senilai 1 Miliar

Puji Astuti Official Writer
5236

Bagaimana rasanya punya hutang senilai satu miliar lebih? Pasti pusing tujuh keliling. Tapi inilah pengalaman nyata dari keluarga Hildebrandt dari New Richmond. Total hutang mereka adalah 106,000 dolar atau senilai 1 miliar rupiah lebih jika dihitung dengan kurs dolar saat ini. Salah satu hutang terbesarnya adalah kartu kredit yang bernilai 89,000 dolar. Dan tahukah Anda bahwa Russell and Kandy Hildebrandts ini adalah orang Kristen yang taat. Lalu apa masalah mereka hingga bisa terjebak hutang?

Gaya hidup, jika disimpulkan mungkin itulah yang menyebabkan pasangan suami istri yang memiliki dua anak kembar perempuan ini bisa terjebak hutang. Mereka tinggal di sebuah rumah pedesaan yang mereka sewa dengan tanah seluas 1000 kaki. Mereka sering berlibur, dan selain itu biaya kesehatan si kembar dan juga penyakit diabetes yang di derita oleh Russell dan juga gangguan kesehatan yang sering dialami Kandy.

Sekalipun sedang berjalan dengan pasti menuju kubangan Lumpur hutang, pasangan ini dengan setia memberikan perpuluhan kepada gerejanya.

Beberapa orang memberikan saran kepada pasangan ini untuk menyatakan diri mereka bankrut untuk menyelesaikan masalah mereka dengan bank, namun Russell mengatakan, "Kami berkomitmen untuk membayar hutang kami." Mereka juga tetap memberikan perpuluhan dan juga menyekolahkan kedua anak mereka secara home-school.

Lalu apa yang mereka lakukan? Mengubah gaya hidup.

Mereka membuat rencana untuk membayar hutang mereka. Memotong pengeluaran. Membeli makanan yang biasa saja, dan membeli baju obralan. Mereka tidak berbelanja saat natal dan tidak saling membelikan hadiah ulang tahun baik diantara mereka maupun kepada saudara mereka yang lain.

Setahun melakukan hal ini tidak terlihat perubahan berarti. Russell menambah jam kerja dan mencari tambahan bekerja sedangkan Kandy mengurus semua urusan rumah sendiri . Dalam beberapa tahun pertama mereka hanya menggunakan satu mobil. Setelah beberapa tahun baru kerja keras pasangan ini baru menampakkan hasilnya. Beberapa hutang kartu kredit bisa terbayar lunas. Dan yang lainnya, bahkan bisa mulai di bayar lebih cepat dari target yang dibuat oleh mereka.

Tidak lama kemudian Kandy hamil anak mereka yang ketiga Joey. Mereka menyadari bahwa dengan bertambahnya anak berarti bertambah juga pengeluaran. Namun sukacita akan kehadiran anak laki-laki kecil itu membuat kerja keras untuk membayar lunas hutang-hutang mereka sebanding.

Pada tahun 2008, Russell melihat sebuah rumah dengan 3 kamar seperti yang di impikannya. Pada awal tahun ini pemiliknya ingin menjual dengan segera karena memiliki kebutuhan mendesak. Dengan bantuan subsi untuk rumah pertama yang diberikan pemerintah, keluarga Hildebrandt ini berhasil membeli rumah pertama mereka, dan hebatnya mereka sekarang sudah bebas dari hutang senilai 1 miliar itu loh.

Bebas dari hutang itu sangat luar biasa rasanya. Namun keluarga Hildebrandt ini tidak lantas mengubah gaya hidupnya. Mereka tetap membeli barang obralan dan mengendalikan penggunaan uang dengan sebaik mungkin. Jika mereka bisa bebas dari hutang, Anda pun bisa. Jangan menyerah.

Sumber : MSNBC
Halaman :
1

Ikuti Kami