Internasional Siapkan Bantuan Untuk Korban Gempa

Nasional / 3 October 2009

Kalangan Sendiri

Internasional Siapkan Bantuan Untuk Korban Gempa

Tammy Official Writer
2154
Duka Indonesia atas gempa yang terjadi di Sumatra tentu saja membuat sesama di negeri lain merasakan keprihatinan yang sama. Kanselir Jerman, Angela Merkel menyatakan bahwa pemerintah dan rakyat Jerman ikut berduka atas gempa yang terjadi di Sumatera Barat (Sumbar), dan memberikan bantuan senilai tiga juta dolar AS. Bantuan senilai 1,5 juta dolar AS dari total dana dari Jerman itu diambil dari dana Kementerian Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan Jerman.
 
Selain itu pemerintah Jerman juga akan mengirimkan sebanyak 40 tenaga ahli penanganan bencana guna ditugaskan ke wilayah Sumbar yang terlanda gempa.
 
Presiden Rusia, Dmitry Medvedev, pun turut menyatakan duka yang mendalam. Ia telah mengirimkan pesan kepada Presiden SBY bahwa Rusia juga siap untuk mengirimkan bantuan.
 
Kementerian Keadaan Darurat Federasi Rusia akan mempersiapkan dua pesawat terbang yang dilengkapi tim dokter, psikolog, regu penolong, anjing pelacak dan peralatan lainnya. "Begitu clearance didapat, maka keduanya akan segera diterbangkan," ujar M Aji Surya, Counsellor KBRI di Moskow.
 
Menurut Counsellor M. Aji Surya, KBRI Moskow telah menerima ucapan belasungkawa yang mendalam dari sejumlah nama terkemuka, seperti Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko, Gubernur Kemerovsk Region Rusia, Aman Tuleyev serta Pemimpin Redaksi televisi nasional Russia, Dmitry Skorobutov.
Sumber : berbagaisumber/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami