Tips Mengurangi Tagihan Listrik Di Rumah Anda

Investment / 2 October 2009

Kalangan Sendiri

Tips Mengurangi Tagihan Listrik Di Rumah Anda

Lestari99 Official Writer
2702

Dengan kenaikan biaya gas dan listrik seiring keprihatinan dunia terhadap lingkungan, semakin banyak orang yang mencari cara untuk mengurangi tagihan bulanan energi listrik mereka.

Tiga kamar dalam sebuah rumah rata-rata menghabiskan biaya listrik lebih dari Rp 21,5 juta dalam satu tahun, sehingga merupakan usaha yang penting untuk menyelamatkan sejumlah besar uang yang Anda hasilkan dengan susah payah.

Ada banyak langkah yang bisa diambil untuk mengurangi rupiah demi rupiah dalam tagihan bulanan Anda:

Menurunkan Suhu Ruangan

Dengan memutar suhu pendingin ruangan Anda turun satu derajat celcius saja, Anda bisa mengurangi tagihan tahunan Anda lebih dari 10 persen.

Ganti Bola Lampu

Menggunakan bola lampu hemat energi daripada bohlam tradisional dapat menyimpan sekitar Rp 100 ribu per lampu dalam setahun. Harganya mungkin saja lebih mahal namun Anda dapat menggunakannya dua belas kali lebih lama.

Gunakan Shower Saat Mandi

Menurut penelitian, mandi dengan menggunakan shower dapat menghemat air sampai 40 persen.

Korbankan Radiator Anda

Melepaskan udara yang terperangkap dari radiator Anda akan membuatnya berfungsi dengan lebih baik dan itu artinya menghemat uang Anda.

Matikan Aliran Listrik

Peralatan elektronik Anda masih menggunakan 70 persen dari energi normalnya ketika dibiarkan dalam kondisi standby. Matikan aliran listrik peralatan elektronik Anda dan Anda dapat menghemat sekitar Rp 285 ribu dalam setahun.

Lepaskan Charger dari Stop Kontak

Meninggalkan charger ponsel  maupun laptop dalam keadaan tertancap di stop kontak saat Anda tidak menggunakannya akan menghabiskan sekitar Rp 215 ribu dalam setahun untuk setiap alat.

Sumber : saidaonline
Halaman :
1

Ikuti Kami