Korban Gempa Sumatera Sudah Mencapai 464 Orang

Nasional / 1 October 2009

Kalangan Sendiri

Korban Gempa Sumatera Sudah Mencapai 464 Orang

Lestari99 Official Writer
2725

Gempa yang mengguncang sebagian besar wilayah Sumatera sejak kemarin sudah menelan korban 464 orang meninggal dan 500 orang lainnya luka-luka. Korban ini diperkirakan akan terus bertambah akibat banyaknya korban yang belum berhasil dievakuasi dan masih tertimbun di bawah reruntuhan bangunan.

Korban terbanyak berasal dari kota Padang, Sumatera Barat, yang diguncang gempa paling besar dibandingkan wilayah lain, yaitu 7,6 Skala Richter. Sedikitnya 376 orang terkubur hidup-hidup dan belum diketahui nasibnya. Hotel Ambacang, salah satu hotel berbintang di Padang bahkan mengalami kerusakan yang paling parah. Berbagai macam alat berat masih berusaha membongkar beton demi beton untuk menyelamatkan orang-orang yang terjebak di dalamnya. Diperkirakan masih ada puluhan bahkan ratusan orang yang terjebak di dalamnya. Diduga Hotel Ambacang dibangun tidak sesuai prosedur sebagai bangunan tahan gempa.

Perkiraan korban gempa kali ini bahkan diprediksi tidak jauh berbeda dari gempa Yogya yang terjadi tahun 2006 dan menelan korban 5000 orang meninggal. Gempa yang susul-menyusul mengguncang berbagai daerah di Indonesia ini merupakan musibah beruntun bagi bangsa ini akibat kekuatan alam yang tak dapat dilawan. Betapa kecil dan tak berdayanya manusia di dunia ini ketika bencana alam dahsyat diijinkan terjadi. Tuhanlah tenpat perlindungan sejati bagi kita yang percaya pada-Nya.

Sumber : Berbagai Sumber / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami