SBY Kucurkan Dana 200 Juta Untuk Upacara Hindu

Nasional / 28 September 2009

Kalangan Sendiri

SBY Kucurkan Dana 200 Juta Untuk Upacara Hindu

Puji Astuti Official Writer
2912

Bali merupakan salah satu pusat agama Hindu di Indonesia. Berbagai ritual kegiatan agama dan kesenian menjadi salah satu daya tarik bagi pariwisata di daerah ini. Dalam waktu dekat ini salah satu ritual agama Hindu akan dilaksanakan, yaitu "Ngenteg Linggih dan Padudusan Agung", dimana pelaksanaannya akan dilakukan di Pura Bukit Metik, Gunung Lebah, Desa Batur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

Salah satu yang menarik perhatian dari acara ini yaitu kesediaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengucurkan dana sebesar 200 juta rupiah untuk membantu pelaksanaannya, dimana dana keseluruhan adalah 750 juta rupiah. Kegiatan ini rencananya melibatkan sekitar 700 kepala keluarga (KK) dari masyarakat Hindu Desa Batur, Kintamani dan masih-masing kepala keluarga di bebankan biaya sebesar 500 ribu rupiah. 

"Upacara tersebut dilaksanakan setiap 30 tahun sekali di Pura Bukit Mentik dengan rangkaian kegiatan dari awal hingga puncak acara berlangsung sebulan penuh, 20 September-20 Oktober 2009," demikian ungkap Dr I Ketut Murdjana, Wakil Ketua Panitia kegiatan ini.

Salah satu tujuan kegiatan ritual ini adalah memohon keselamatan kepada Tuhan agar dunia beserta isinya terhindar dari bencana, serta selalu dilimpahkan kesuburan dalam bidang tanah pertanian.

Sumber : Antara News/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami