Produk Ditiru, Honda tidak Panik

Nasional / 22 September 2009

Kalangan Sendiri

Produk Ditiru, Honda tidak Panik

Budhi Marpaung Official Writer
4791

Persaingan diantara produsen-produsen kendaraan bermotor saat ini begitu kuat terasa, khususnya antara produsen motor China dengan produsen motor Jepang. Kedua raksasa ekonomi Asia tersebut berlomba-lomba menarik calon konsumen maupun konsumen setia agar tidak berpaling.

Namun. dalam persaingan itu terselip sebuah ganjalan yang kurang mengenakkan, yakni adanya penjiplakan yang dilakukan pihak produsen asal negeri bambu itu terhadap produk asal Jepang.

Mewakili PT. Astra Honda, Sigit Kumala selaku General Manager Marketing and Product Development PT Astra Honda Motor (AHM) menyatakan bahwa pihaknya tidak panik akan apa yang diperbuat oleh pesaingnya tersebut. Salah satu alasannya, karena Astra belum memiliki bukti meyakinkan untuk membawa pesaingnya tersebut ke meja hijau.

"Apabila terbukti benar-benar menjiplak sama persis dengan produk kita, baru tim hukum kami akan ambil tindakan," tutur Sigit.

Seperti yang diketahui, beberapa produsen motor asal China memang terihat meniru desain motor-motor Jepang. Yamaha beberapa waktu lalu sempat menyita produk-produk Viar yang terlihat sangat mirip dengan Yamaha Jupiter Z dan Jupiter MX.

Orisinalitas dalam menghasilkan suatu produk untuk dipasarkan hendaknya menjadi perhatian dari masing-masing produsen. Jangan hanya atas dasar menjualnya dengan harga murah, kreativitas dan orisinalitas dinomorduakan atau dinomortigakan. Mari kita berlomba-lomba untuk berinovasi dan mulai katakan tidak pada segala bentuk peniruan.  

Sumber : okezone/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami