Tips Anti Bangkrut Di Akhir Tahun

Investment / 22 September 2009

Kalangan Sendiri

Tips Anti Bangkrut Di Akhir Tahun

Tammy Official Writer
4183

Jika Anda betul-betul menginginkan supaya kondisi keuangan Anda tetap stabil setelah berhura-hura selama liburan akhir tahun, maka coba lakukan tips anti bangkrut di akhir tahun berikut ini:

1. Tetapkan anggaran yang akan Anda keluarkan di bulan Desember. Lalu buat perencanaan pengeluaran sesuai anggaran. Jika kebutuhan pengeluaran lebih besar dari yang dianggarkan, pangkas beberapa poin yang tidak penting atau yang lebih bisa diperketat.

2. Bayar pengeluaran Anda dengan cash, dan hindari penggunaan kartu kredit, sehingga Anda tetap dapat mengontrol uang Anda.

3. Jika Anda tahu bahwa jadwal kegiatan Anda akan sangat padat di akhir tahun ini, ajukan permohonan berhenti sementara dari keanggotaan fitnes atau senam Anda, hanya untuk bulan ini.

4. Daripada membuat pesta Natal, atau tahun baru sendiri yang memakan biaya besar, lebih baik ajak teman-teman untuk mengorganisir pesta bersama yang biayanya ditanggung bersama pula.

5. Buatlah tema unit untuk pesta Anda yang tidak mengharuskan pada partisan pesta terpaksa membeli baju baru, sehingga dengan demikian Anda pun tidak perlu menentapkan anggaran khusus untuk beli baju baru.

Bangkrut Akhir Tahun6. Tidak usah merasa wajib untuk memberi hadiah akhir tahun pada semua orang, kecuali jika Anda benar-benar ingin menghadiahi orang-orang tertentu.

7. Untuk teman-teman sekerja, lebih baik membawa sebuah cake yang enak untuk dinikmati bersama, daripada memberi hadiah pada setiap orang, yang belum tentu cocok dengan selera orang yang diberi.

8. Katakan pada the big givers in your life-orang tua, kakak, atau siapapun yang selalu memberikan hadiah pada Anda. "Akan sangat berguna bagi saya jika hadiah akhir tahunnya bisa menambah tabungan saya."

9. Jika merencanakan pergi berlibur ke luar kota atau luar negeri, pastikan bahwa biaya yang dipakai adalah memang sudah dianggarkan sebelumnya, sebagai dana libur, sehingga tidak ditomboki oleh penghasilan akhir tahun Anda yang tentunya sudah memiliki pos sendiri.

10. Tetapkan pula tujuan Anda berlibur, apakah akan lebih banyak menikmati obyek-obyek wisata, atau lebih banyak berbelanja. Mengapa? Sebab, jika Anda menginginkan keduanya, maka harus betul-betul direncanakan obyek wisata mana saja yang betul-betul ingin Anda kunjungi. Maka Anda tidak akan menyesal karena telah mengeluarkan biaya cukup besar dan membuang waktu untuk memasuki suatu obyek yang ternyata tidak Anda sukai. Begitu pula jika Anda ingin berbelanja, sebaiknya mencari info terlebih dahulu tentang mana tempat yang tepat untuk berbelanja barang-barang yang ingin Anda beli. Dengan demikian, tujuan liburan Anda akan tercapai dengan sukses.

11. Akhir tahun adalah musimnya discount di berbagai tempat belanja. Akhir tahun adalah saat yang paling tepat untuk introspeksi dan menetapkan resolusi diri. Percaya deh, uang yang dikeluarkan untuk amal, suatu saat pasti akan kembali dalam bentuk atau jumlah lebih baik.

Sumber : tipsanda.com
Halaman :
1

Ikuti Kami