Ditemukan Planet Baru, Bisa Ditempati Tapi Belum Layak Huni

Nasional / 20 September 2009

Kalangan Sendiri

Ditemukan Planet Baru, Bisa Ditempati Tapi Belum Layak Huni

Lestari99 Official Writer
4574

Telah ditemukan suatu tempat baru di luar tata surya yang dapat ditinggali oleh manusia. Hanya untuk saat ini, alam di tempat baru tersebut sangatlah keras karena suhunya yang masih sangat panas. Demikian pernyataan para ilmuwan luar angkasa saat menjelajahi luar angkasa dan menemukan 300 lebih planet di luar tata surya kita.

Meskipun pada umumnya berbentuk bola gas yang tidak padat, namun tim astronom asal Eropa mengkonfirmasikan bahwa mereka menemukan sebuah planet yang dinamakan planet Corot-7b, yang padat berbatu di luar tata surya. Pentingnya bebatuan di sebuah planet baru merupakan syarat mutlak bagi para astronom sebelum merekomendasikan dapat ditinggali oleh penduduk bumi. Karena pada dasarnya seluruh manusia hidup di atas batu, demikian diungkapkan Artie Hartzes, Direktur Fasilitas Observatori Thuringer di Jerman.

Namun kondisi planet Corot-7b saat ini sangatlah panas. Dapat diandaikan sebagai planet yang sedikit terlalu dekat dengan matahari. Bila saja tidak sepanas itu, dapat dipastikan planet tersebut siap untuk ditinggali. Suhu di planet Corot-7b mencapai 3.600 derajat Fahrenheit atau hampir 2.000 derajat Celcius. Planet tersebut berotasi dalam durasi 20 jam dengan kecepatan 466 mph atau hampir 750 ribu km/jam. Bobotnya diyakini lima kali lipat bobot bumi. Planet ini bisa disebut sebagai planet lava.

Bagaimanapun juga penemuan planet tersebut diyakini sebagai penemuan besar dalam usaha menemukan tempat hidup selain di bumi. Meskipun belum mampu merekomendasikan penduduk bumi untuk pindah ke planet tersebut, diyakini penemuan planet Corot-7b akan memicu semangat para astronom untuk menemukan planet-planet lain yang dapat ditinggali oleh penduduk bumi.

Kalau benar-benar ditemukan planet di luar tata surya yang bisa ditempati dan layak huni, maka migrasi manusia bumi seperti yang kita lihat dalam film Star Trek sepertinya bukan lagi merupakan kisah khayalan.

Sumber : mediaindonesia / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami