Meja Kerja, Tempat Paling Kotor Di Kantor Anda

Serba-Serbi Sehat / 19 September 2009

Kalangan Sendiri

Meja Kerja, Tempat Paling Kotor Di Kantor Anda

Lestari99 Official Writer
4342

\"\"Bila Anda pekerja kantoran, maka meja kerja adalah tempat di mana Anda paling banyak menghabiskan waktu dibandingkan tempat manapun di kantor Anda. Sekarang, cobalah Anda memperhatikan meja kerja dan area di sekitar lingkungan kantor Anda. Meskipun terlihat bersih, belum tentu kondisinya benar-benar bersih seperti yang terlihat dari mata Anda.

Karena faktanya? Telepon, keyboard dan mouse yang ada di kantor sangat jarang dibersihkan. Hasil penelitian bahkan menunjukkan perlengkapan kantor tersebut lebih kotor dibandingkan toilet umum. Penelitian ini dilakukan oleh Charles Gerba, seorang peneliti dari Arizona University, Amerika Serikat. Gerda bahkan mengungkapkan perlengkapan kantor yang tidak diperhatikan kebersihannya bisa memicu masalah kesehatan yang serius.

Dari semua perlengkapan kantor yang ada di meja kerja Anda, yang paling kotor adalah pesawat telepon. Setiap hari telepon digunakan tidak hanya oleh satu orang. Pesawat telepon juga sangat jarang dibersihkan seperti peralatan kantor lain pada umumnya. Dan hal ini membuat banyak tumpukan bakteri di dalamnya. Berdasarkan penelitian, bakteri pada pesawat telepon mencapai 25.127 bakteri.

Toilet kantor saja biasanya dibersihkan secara teratur, sehingga jumlah bakterinya tidak sebanyak peralatan kantor yang ada di meja kerja Anda! Sebagai perbandingan, berikut jumlah rata-rata bakteri yang terdapat pada masing-masing perlengkapan kantor:

  • Telepon : 25.127 bakteri
  • Monitor Komputer : 20.961 bakteri
  • Keyboard Komputer : 3.295 bakteri
  • Mouse : 1.676 bakteri
  • Dudukan Toilet : 49 bakteri

Bakteri-bakteri tersebut dapat masuk ke dalam sistem pernafasan Anda dan memicu flu serta penyakit pernafasan lainnya seperti infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) dan radang paru.

Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, cukup dengan membersihkan meja kerja Anda secara teratur dengan lap yang sudah ditetesi alkohol. Cara sederhana ini akan membuat bakteri berkurang sampai 99%.

Selalu perhatikan kebersihan meja kerja Anda karena Anda tidak pernah tahu apa saja yang menempel di peralatan kantor yang setiap hari Anda gunakan.

Sumber : kosmo.viva
Halaman :
1

Ikuti Kami