Malam ini Diperkirakan Puncak Arus Mudik di Merak

Malam ini Diperkirakan Puncak Arus Mudik di Merak

Budhi Marpaung Official Writer
2455

Diperkirakan arus mudik lebaran tahun ini di Pelabuhan Penyeberangan Merak Cilegon Banten, akan terjadi nanti malam. Hal ini diungkapkan langsung oleh Direktur Utama PT Indonesia Ferry, Bambang Soerjanto, pada saat meninjau kesiapan arus mudik di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Kamis (16/9) dinihari.

Berdasarkan pemantauan Bambang malam tadi, pergerakan pemudik mulai terlihat memasuki pelabuhan dari arah barat dengan tujuan daerah-daerah di Sumatera.

Untuk pemudik yang bersepeda motor, pihaknya dan PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak telah telah mempersiapkan jalur khusus bagi pengendara motor. 

"Tahun ini pemudik yang menggunakan sepeda motor akan kami arahkan ke dermaga empat, dari sana kami arahkan ke setiap dermaga," katanya.

Apabila nanti jalur motor tersebut penuh sesak maka sudah ditugaskan kapal khusus untuk mengangkut para pemudik yang menggunakan sepeda motor.

"Kita lihat situasinya, tetapi kami telah menyiapkan kapal penyapu kalau memang lonjakan sepeda motor sangat tinggi," ujar Bambang.

Sampai Kamis dinihari, aktivitas di kawasan Merak memang sudah terasa sangat padat. Hal ini diperkuat data dari PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak yang memperlihatkan kenaikan jumlah kendaraan dan penumpang yang masuk ke kapal fery secara signifikan dari satu hari sebelumnya. Jika pada H-6 jumlah penumpang keseluruhan tercatat 34.728 orang kendaraan 6.161 unit, maka pada malam tadi tepatnya h-5, jumlah penumpang tercatat 55.307 penumpang dengan jumlah keseluruhan kendaraan sebanyak 9.884 unit.

Bagi Anda yang saat ini akan bepergian jauh dan menggunakan jalur pelabuhan sebaiknya mulai mengatur jadwal keberanggkatan Anda atau paling tidak carilah jalur alternatif perjalanan yang bisa Anda dapat dari media massa dan kantor kepolisian lalu lintas terdekat di kota Anda.

Sumber : antaranews/bm

Ikuti Kami