LIPI Usulkan Tokoh Ilmuwan Jadi Pahlawan Nasional

Nasional / 16 September 2009

Kalangan Sendiri

LIPI Usulkan Tokoh Ilmuwan Jadi Pahlawan Nasional

Tammy Official Writer
3367
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengusulkan dua tokoh ilmuwan, yakni Prof Dr Sarwono Prawirohardjo dan Prof Dr Soedjono Djoened Poesponegoro menjadi pahlawan nasional.

"Lipi mengusulkan dua tokoh yang sudah berjasa besar dalam pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia itu untuk diangkat jadi pahlawan nasional," kata Kepala LIPI Prof Dr Umar Anggara Jenie di Jakarta, Rabu. Umar menjelaskan, pada saat ini upaya untuk menjadikan dua tokoh tersebut menjadi pahlawan nasional masih dalam proses. "Salah satu prosesnya adalah mengajukan dua nama tokoh ilmuwan tersebut ke pemerintah daerah, dalam hal ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta," katanya.

Ilmuwan IndonesiaIa juga menambahkan, dua tokoh ilmuwan tersebut sangat pantas untuk menjadi pahlawan nasional karena keduanya telah memberikan sumbangan berarti dan merupakan pelopor dalam pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia, baik dalam bidang kedokteran serta beberapa cabang disiplin ilmu lainnya.

Ia juga mengatakan, sebagai salah satu upaya menjadikan dua tokoh tersebut menjadi pahlawan nasional, LIPI telah membuat buku biografi Sarwono Prawirohardjo dan Soedjono Djoened Poesponegoro. "Peluncuran buku dua tokoh ilmuwan tersebut menjadi bagian dari proses menjadikan keduanya sebagai pahlawan nasional," katanya.

Prof Dr Sarwono Prawirohardjo merupakan dokter spesialis anak dan Ketua LIPI yang pertama. Sementara Prof Dr Soedjono Djoened Poesponegoro merupakan ahli kandungan yang kemudian menjadi Menteri Riset pertama di Indonesia.

Sumber : antara.co.id
Halaman :
1

Ikuti Kami