Gubal Gaharu Segera Dipatenkan Agar Tak Direbut Malaysia

Gubal Gaharu Segera Dipatenkan Agar Tak Direbut Malaysia

Tammy Official Writer
2424
Universitas Mataram (Unram) Nusa Tenggara Barat (NTB) segera mematenkan teknologi pembuatan Gubal Gaharu Lombok hasil temuan seorang peneliti Unram, almarhum Dr Parman, mantan Dekan Fakultas Pertanian.

Dekan Fakultas Pertanian Unram Sudirman, di Mataram, Senin (14/9), mengatakan, teknologi pembuatan Gubal Gaharu Lombok hasil temuan almarhum Dr. Parman menjadi perhatian sejumlah negara di dunia, di antaranya Malaysia dan Jerman, yang menyatakan diri tertarik mempelajari teknologi ini.

"Atas dasar itulah, dalam waktu dekat Unram akan segera mengurus hak paten teknologi Gubal Gaharu, terlebih adanya berbagai budaya serta hasil penemuan pakar Indonesia yang diklaim oleh Malaysia belakangan ini," ujarnya.

Sudirman menjelaskan, Gubal Gaharu adalah kayu yang berasal dari pohon atau bagian pohon penghasil gaharu. Kayu ini memiliki kandungan damar wangi dengan aroma yang agak kuat, ditandai oleh warnanya yang hitam atau kehitam-hitaman berseling coklat.

Sebelum didaftarkan untuk hak paten, kata dia, terlebih dahulu akan dilakukan penelitian secara mendalam tentang ciri khas serta kelebihan teknologi Gaharu Lombok ini. Para peneliti dari sejumlah negara yang belajar Gaharu ke Unram mengakui bahwa Gaharu Lombok terbaik dari Gaharu yang ada di daerah lain di Indonesia ataupun di negara lain.

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami