Tidak Terpaku Pada Masa Lalu, Dave Membangun Wendy's

Entrepreneurship / 13 September 2009

Kalangan Sendiri

Tidak Terpaku Pada Masa Lalu, Dave Membangun Wendy's

Puji Astuti Official Writer
3359

Pria ini dilahirkan dari sebuah hubungan di luar nikah. Dave Thomas, inilah anak  yang dilahirkan di New Jersey di tahun 1932 dan diadopsi oleh sepasang suami istri dari Michigan.  Namun nasib kurang beruntung sepertinya masih mengikuti Dave, 5 tahun kemudian ibu angkatnya meninggal dunia, dan dia diasuh oleh nenek angkatnya, Minnie Sinclair.

Nenek Minnie sangat baik mengurus Dave bahkan membentuk pandangannya tentang hidup. Walaupun begitu, ayah angkatnya tetap mengijinkan Dave untuk tinggal dengannya. Sebagian masa kecil Dave dihabiskan di trailer dan apartemen-apartemen sederhana dimana ayah anggatnya berburu pekerjaan dan dua kali menjalani pernikahan.

Saat berusia 12 tahun, Dave mulai bekerja sepenuh waktu di Regas Restaurant, di Knoxville, Tennesse. Pemilik restoran tersebut, Frank dan George Regas menjadi guru pertamanya dalam bisnis restoran.

Saat keluarga Dave pindah ke Fort Wayne, Indiana, Dave kembali mendapatkan pekerjaan di bidang restoran. Kali ini Dave diterima di Hobby House Restaurant milik Phil Clauss. Dari Phil ini Dave juga belajar banyak hal. Karena sibuk dengan pekerjaannya, Dave membuat sebuah keputusan yang disesalinya kemudian, yaitu berhenti dari sekolah menengah. Saat itu Dave baru berusia 15 tahun, dan baginya keputusan itu merupakan sebuah kesalahan besar.

Pada usia 18 tahun Dave mendaftarkan diri masuk tentara dan menjadi seorang sersan yang ditempatkan di Jerman. Ketika selesai ikatan dinas, Dave kembali ke Hobby House dan bertemu dengan seorang wanita yang bernama Lorraine Buskirk yang kemudian menjadi istrinya.

Pada saat itu, Dave juga berkenalan dengan Kolonel Harland Sanders dan cukup akrab dengan penjual ide Kentucky Fried Chicken itu. Di tahun 1962, Dave mendapat kesempatan untuk pindah ke Colombus, Ohio dimana dia merebut kesempatan untuk memulihkan 4 restoran Kentucky. Bagi banyak orang dan Kolonel Sanders sendiri, tindakan Dave itu adalah suatu tindakan bodoh. Namun Dave ternyata berhasil.

Karena keberhasilannya itu Dave menjadi kaya mendadak. Dave menjual habis sahamnya, dan membuatnya cukup kaya bahkan membuatnya membangun sebuah kolam renang berbentuk ayam di belakang rumahnya.

Walaupun sudah memiliki kekayaan yang membuatnya tidak harus bekerja lagi, namun Dave tidak berhenti begitu saja dan bersantai dengan kekayaannya. Selain itu, pada saat itu usia Dave baru 30an tahun, jadi Dave memulai sesuatu yang sangat disukainya, hamburger. Dave sangat menyukai hamburger dan sangat ingin membuka sebuah restoran hamburger model lama yang hebat. Dia menamai restorannya seperti nama anaknya yang keempat, Wendy's. Ya... anaknya itu gadis kecil yang berambut merah dan dikepang dua itu.

Saat Dave menuliskan buku Bagus Sekali di tahun 1994, Wendy's sedang menuju perusahaan global dengan nilai jual 5 miliar dolar. Dave adalah seseorang dengan masa lalu yang hancur dan tertolak namun dia tidak terpaku pada masa lalunya dan mencapai keberhasilan yang luar biasa. Jika Dave bisa, Anda memiliki kesempatan yang lebih besar untuk berhasil.

Sumber : Bagus Sekali; Dave Thomas; Metanoia
Halaman :
1

Ikuti Kami