Boleh dan Tidaknya Orang Kristen Berasuransi

Investment / 9 September 2009

Kalangan Sendiri

Boleh dan Tidaknya Orang Kristen Berasuransi

Puji Astuti Official Writer
4359

Sebagai orang Kristen, ada sebuah pertanyaan besar tentang asuransi, "Jika Anda percaya bahwa Tuhan yang menjamin hidup Anda, mengapa masih butuh asuransi?  Apakah asuransi sebuah tanda seseorang tidak beriman?"

Sebagai orang percaya pasti percaya bahwa semua sumber daya adalah milik Tuhan. Oleh karena itu, sumber daya dalam pengelolaan asuransi juga merupakan milik Tuhan.

Kembali pada firman Tuhan, diajarkan bahwa Tuhan memberikan kecukupan, asuransi dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan jika ada potensi kerugian yang berlebihan. Hal ini juga harus mempertimbangkan kerugian pada pihak ketiga, seperti asuransi kendaraan.

Terlalu sering asuransi disalahgunakan untuk mengalihkan kewajiban kita kepada orang lain. Hal inilah yang patut diwaspadai. Seperti dengan adanya asuransi kesehatan, bukan berarti Anda aman ketika sakit apapun, Anda tetap membutuhkan Tuhan dan juga sesama untuk menolong Anda. Selagi Anda masih berwujud manusia, maka Anda membutuhkan orang lain, asuransi tidak bisa menggantikan hal itu.

Efek buruk asuransi yang lain adalah Anda mengandalkan asuransi untuk melindungi Anda dari efek-efek buruk masalah Anda dan tidak mengandalkan Tuhan. Tuhan tidak pernah berjanji melindungi Anda dari segala resiko yang mungkin terjadi dalam hidup ini, namun Dia berjanji selalu bersama Anda dan memampukan Anda melaluinya. Jika Anda mengandalkan asuransi, maka iman Anda ada pada asuransi itu bukan Tuhan.

Anda boleh membeli sebuah program asuransi jiwa yang sesuai dengan kemampuan Anda membayar premi sehingga ketika tiba waktunya, maka Anda meninggalkan keluarga Anda dalam keadaan tidak berkekurangan. Jika Anda tidak mampu membayar preminya, hal itulah yang bermasalah. Jangan melebihi kemampuan Anda. 

Hal yang terakhir yang perlu Anda ingat tentang asuransi adalah bukan sebuah instrument investasi. Jadi jangan berharap laba untuk suatu program asuransi jiwa, karena Anda pun tidak akan menikmati hasilnya jika tagungannya di bayarkan. Hidup Anda lebih berharga dari uang, itu adalah inti dari semua hal tentang asuransi ini, dan Anda bisa mengandalkan Tuhan untuk melindungi, mencukupkan dan menjamin diri Anda dan keluarga Anda.

 

Sumber : Panduan Lengkap Keuangan Bagi Pasangan Muda; Larry Burkett; Visi Pressindo
Halaman :
1

Ikuti Kami