BMKG: Tidak Ada Gempa Susulan Yang Lebih Besar

Nasional / 4 September 2009

Kalangan Sendiri

BMKG: Tidak Ada Gempa Susulan Yang Lebih Besar

Budhi Marpaung Official Writer
3338

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta warga Tasikmalaya dan sekitar agar tidak gusar terhadap bahaya gempa susulan yang mungkin terjadi setelah gempa pertama, Rabu (2/8) Sore lalu. Demikian ungkap Kepala Bidang Seismologi Teknik dan Tsunami, Fauzi dalam sebuah wawancara dengan VIVAnews yang kami kutip dari situs resmi vivanews.com, Jumat 4 September 2009.

"Tidak ada gempa susulan yang lebih besar dari gempa awal. Tidak ada. Apalagi bicara masalah waktu," kata Fauzi.

Mengenai kabar yang berkembang di masyarakat Tasikmalaya akan adanya gempa susulan berskala besar di lokasi gempa, Fauzi mengatakan bahwa dirinya menyesalkan berita tersebut karena warga yang tadinya akan pulang ke rumahnya masing-masing akhirnya tidak jadi dan mereka berkumpul kembali di tenda pengungsian.

"Tetapi memang selama sekitar satu minggu ini masih ada gempa susulan. Tapi besarnya hanya sekitar 2 sampai 3 SR saja," ujarnya.

Apa yang diungkapkan oleh BMKG kali ini adalah sebuah pernyataan yang menyejukkan hati masyarakat. Namun, alangkah baiknya BMKG juga mengeluarkan prakiraan dini kepada masyarakat luas melalui media massa apabila memang mengetahui akan terjadi peristiwa alam besar seperti gempa bumi atau hujan besar di Indonesia sehingga masyarakat dapat mempersiapkan diri bila hal itu benar terjadi.

Sumber : vivanews.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami