Hillary Lister Kelilingi Inggris

Nasional / 3 September 2009

Kalangan Sendiri

Hillary Lister Kelilingi Inggris

agnes.faith Official Writer
2564

 

Wanita 37 tahun asal Inggris, Hillary Lister ingin menunjukkan pada dunia bahwa orang dengan kekurangan tidak menjadikan mereka termenung dan menikmati hari mereka hanya di kursi roda mereka.

Dengan inisiatif dari diri sendiri dan dukungan dari orang-orang yang menyayanginya, Hillary mampu berlayar mengelilingi Inggris dengan jarak 2.900 km. ia berangkat dari Plymouth Mei. Ia berlayar selama kurang lebih 3 bulan.

Kapal canggih dengan desain khusus pun dibuat untuk Hillary. Kapal Artemis 20 dengan nama Me Too menjadi sahabat Hillary mengarungi lautan. Yang canggih dari kapal ini adalah adanya sedotan yang dipakai untuk mengendalikan arah kapal.

Karena hillary tidak dapat menggunakan kaki dan tangannya untuk mengemudikan, maka sedotan ini alat Bantu untuknya. Selain itu, Hillary yang di diaognosis mengalami reflex sympathetic dystrophy ditemani oleh tim beranggota 6 orang.

Paul Taroni, juru bicara Hilary, menggambarkan perjalanan tersebut sebagai ‘kemenangan besar di tengah kemalangan'. "Meski banyak hal yang menghalanginya dan tidak berjalan semestinya, Hilary muncul dan melakukan sesuatu yang menggugah inspirasi. Kami bangga dengan dirinya," ujar Paul.

Bukan tanpa hambatan Hillary melaksanakan niatnya ini. hillary sempat harus di opname dan kesulitan bernafas. Tetapi karena niatnya yang mulia dan menginspirasi banyak orang, maka ia tetap melakukannya. "Menyaksikan ikan paus muncul di permukaan air sangat menakjubkan. Dua di antaranya melompat seperti lumba-lumba," kenangnya.

Ia juga berhasil mengumpulkan dana sebesar 30.000 poundsterling (Rp 450 juta) untuk Yayasan Hilary's Dream Trust.

Sumber : kompas.com/agn
Halaman :
1

Ikuti Kami