Gigabyte M912 Cafe Book: Netbook Juga Tablet PC

Entertainment / 1 September 2009

Kalangan Sendiri

Gigabyte M912 Cafe Book: Netbook Juga Tablet PC

Tammy Official Writer
3680
Gigabyte - CafebookKini sudah banyak orang menenteng netbook kian-kemari sambil melakukan aktivitas mereka. Komputasi mobile memang tengah tren saat ini terutama di kota besar. Hampir setiap netbook yang dibawa orang-orang hadir dengan desain sejenis yang "itu-itu saja" sehingga kita pun menjadi hafal dengan lekuk liku sebuah netbook (termasuk keterbatasan fasilitasnya).

Nah, untuk membuat netbooknya tampil berbeda dan memikat konsumen, Gigabyte menampilkan netbook yang layarnya bisa diputar dan bisa digunakan hanya dengan menyentuh layarnya. Jadilah tablet PC yang penggunaanya lebih fleksibel.

Adalah seri M912 Café Book besutan Gigabyte yang menampilkan netbook ala tablet yang makin praktis digunakan. Ya, daripada hanya melakukan perombakan dari bentuk netbook yang konvensional, Gigabyte lebih suka menambahkan layar sentuh (touch screen) pada beberapa seri netbooknya. Dengan sistem ini, penggunaan netbook akan semakin nyaman meski tanpa keyboard sekali pun. Pemakai bisa menggunakan tangan atau pena stylus yang tersedia untuk mengakses netbook. Sebuah lapisan pelindung ditempatkan di bagian muka LCD 8,9" yang digunakan Café Book. Tujuannya untuk melindungi layar agar tak rusak atau kotor saat disentuh dengan jari.

Ditilik dari bentuk fisik dan fasilitas pelengkapnya, M912 Café Book tidak memiliki banyak perbedaan dengan netbook lain yang sudah ada. Ini dilihat dari keberadaan port input-output sampai tata letak keyboard.

Keyboard M912 mungil dan kurang lega saat digunakan meskipun sebenarnya ukuran kunci-kunci ini dapat diperbesar lagi karena bagian bawahnya (dekat touchpad) masih cukup lebar. Namun, M912 tampil lebih lengkap dengan ketersediaan slot Express Card dan koneksi Bluetooth yang lazim dipakai oleh aneka gadget. Sebagian netbook biasanya tak memiliki kelengkapan ini. Ini merupakan poin bagus untuk M912.

Dalam hal spesifikasi, tak ada yang istimewa pada M912 Café Book karena prosesorya masih sama dengan netbook rata-rata: Intel Atom N270 dengan memori DDR2 1GB. Karena itulah, kinerja Café Book setara dengan netbook di pasaran.

Namun kemampuan encoding audio-nya ternyata cukup cepat dan hanya dapat disaingi netbook serupa dari Gateway LT2010n dan Toshiba NB200. Sayang olah grafis di Café Book kurang bertenaga mengingat uji 3DMark2006 tak bisa berjalan mulus (kecuali pada 3DMark 2003 yang menghasilkan skor 623). Namun, kemampuan grafis memang bukan merupakan hal yang diutamakan pada produk netbook.

Dari pengalaman memakai netbook selama ini, M912 Café Book memang terhitung lebih nyaman dipakai berkat kemampuannya berubah fungsi menjadi tablet sehingga enak diakses dengan sistem sentuh. Mereka yang suka melakukan presentasi dengan menggambar pola dengan cepat di layar akan sangat menyukai fasilitas touch screen di layar Café Book. Tampaknya memang inilah kekuatan utama netbook ala tablet dari Gigabyte ini. Sayangnya, fasilitas lebih ini membuat harga jual Café Book sedikit mencuat dibandingkan netbook konvensional.

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami