Gadis Umur 13 Tahun Ingin Berlayar Sendiri Keliling Dunia

Nasional / 30 August 2009

Kalangan Sendiri

Gadis Umur 13 Tahun Ingin Berlayar Sendiri Keliling Dunia

Puji Astuti Official Writer
4036

Seorang anak gadis berusia 13 tahun ingin melakukan pelayaran solo keliling dunia namun terjegal oleh keputusan pengadilan. Laura Dekker berasal dari Belanda, dan di putuskan oleh pengadilan Utrecht gadis tersebut selama 2 bulan ini berada di bawah pengawasan negara. Ibunya Laura untuk sementara ini kehilangan hak asuhnya karena mendukung keputusan anak gadisnya itu.

Berdasarkan pertimbangan pengadilan, Laura akan mengalami masalah psikologis dan fisik jika harus melakukan pelayaran seorang diri mengarungi samudra untuk keliling dunia, menurut mereka Laura belum mencapai kapasitas tersebut.

Saat ini Laura tinggal bersama ayahnya, Dick Dekker dan belum memberikan komentar tentang keputusan pengadilan tersebut.

Laura merencakan pelayaran solo tersebut untuk mengalahkan rekor pelayaran dolo yang dipegang oleh anak laki-laki berumur 17 tahun dari Inggris bernama Mike Perham.

Laura dilahirkan diatas perahu layar, saat orangtuanya melakukan pelayaran keliling dunia selama tujuh tahun. Dia sudah mendapatkan perahu layarnya sendiri saat berumur 6 tahun, dan mulai berlayar solo saat umur 10 tahun. Keinginan terbesarnya adalah berlayar keliling dunia dan hidup dalam kebebasan.

Apa yang di inginkan oleh Laura Dekker merupakan sebuah keberanian yang luar biasa untuk anak gadis seusianya, namun pengadilan juga berbuat benar dengan tidak mengijinkannya melakukan pelayaran solonya, mengingat usianya yang masih terlalu muda dan masih membutuhkan bimbingan orangtua.

Sumber : BBC News/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami