Dalai Lama Akan Kunjungi Korban Topan Taiwan

Nasional / 27 August 2009

Kalangan Sendiri

Dalai Lama Akan Kunjungi Korban Topan Taiwan

Puji Astuti Official Writer
2951

Taiwan yang tahun lalu membatalkan kunjungan Dalai Lama karena takut memperburuk hubungan mereka dengan Cina, akan mengijinkan pemimpin spiritual dari Tibet itu untuk berkunjung pada minggu depan dan menghibur para korban topan yang mematikan beberapa waktu lalu, demikian keterangan resmi dari pemerintah Kamis (27/8).

Keputusan pemerintah Taiwan tersebut bukanlah hal yang mudah, badan keamanan nasional membutuhkan rapat selama 5 jam pada Rabu lalu hanya untuk mengijinkan Dalai Lama berkunjung pada 31 Agustus hingga 3 September 2009 nanti.

Keputusan pemerintah Taiwan tersebut mendapatkan pujian dari anggota parlemen Tibet yang berada dalam pembuangan. "Keputusan Presiden Ma tersebut benar setelah sekian lama," demikian ungkap Khedroob Thondup. "Jika mereka menolak Dalai Lama, makan akan ada sebuah reaksi negative."

Taiwan merupakan salah satu tempat dimana ada jutaan komunitas Tibet yang dipengasingan dan juga pemeluk Budha tinggal. Dalai Lama pernah berkunjung ke Taiwan pada 1997 dan 2001. Pada tahun lalu Presiden Ma Ying-Jeou membatalkan kunjungan Dalai Lama karena menurutnya momen-nya kurang tepat, dimana pemerintahnya sedang memperbaiki hubungan dengan pemerintah Cina.

Sumber : Reuters/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami