Pulau Indo Dijual, Pemerintah Panggil Pengelola Resort

Nasional / 27 August 2009

Kalangan Sendiri

Pulau Indo Dijual, Pemerintah Panggil Pengelola Resort

Tammy Official Writer
2789
Terungkapnya penjualan sejumlah pulau di Indonesia memancing reaksi keras sejumlah pihak. Anggota Komisi Pertahanan Negara, Tjahjo Kumolo, meminta penjualan pulau tersebut harus segera dibatalkan. "Apapun alasannya, tidak boleh ada sejengkal pun tanah di republik ini yang diperjualbelikan," tegas Tjahjo.
 
Tim Dirjen Kelautan Pusat sendiri turun ke Sumatera Barat mengkaji rencana penjualan tiga pulau terluar di Kabupaten Mentawai melalui internet. Situs www.privateislandonline.com dalam lamanya menawarkan Pulau Kandui, Siloinak, Macaroni, berlabelkan 'for sale'. "Siang ini akan digelar rapat di Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar untuk membahas persoalan tersebut," kata Kepala DKP Sumbar Yosmeri, Kamis, 27 Agustus 2009.

Dalam rapat tersebut, pihak pengelola ketiga resort di Pulau yang dilego di internet ini juga diundang untuk mengklarifikasi terkait iklan penjualan tiga pulau tersebut. "Rapat juga akan dihadiri pihak pengelola," katanya.

Resort kepulauan IndonesiaSejauh ini, baru satu pengelola resort yang angkat bicara tentang kasus penjualan pulau ini. Pengelola Pulau Siloinak membantah menjual pulau tapi hanya menjual saham pengelolaannya. "Kami tidak pernah mengiklankan dan infromasi yang ditampilkan juga menyesatkan," kata Boroessovie Cilleo, konsultan PT Mentawai Surak Wisata, pengelola Pulau Siloinak.

Situs privateislandsonline.com sendiri menyebut Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, yang terdiri dari lebih dari 18.000 pulau. Disebutkan pula bahwa Indonesia menyediakan pulau-pulau untuk disewakan. "Sangat sedikit properti di Asia yang tersedia bagi pihak asing, tapi tempat seperti Indonesia menyediakan penyewaan tanah," demikian tulis situs tersebut.

Sangat sayang sekali, bahwa line promosi dari situs tersebut tidak benar adanya. Indonesia memang kaya sumber alamnya dan juga keindahan alamnya. Tetapi apa gunanya itu diperjual-belikan jika rakyat Indonesia sendiri tidak merasakan manfaat dari kekayaan alam tersebut. Sekali lagi, pemerintah Indonesia perlu bertindak tegas mengenai penjualan pulau-pulau di Indonesia.

Sumber : vivanews.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami