Tips Cerdas Mengalokasi Aset Menurut Usia

Investment / 23 August 2009

Kalangan Sendiri

Tips Cerdas Mengalokasi Aset Menurut Usia

Budhi Marpaung Official Writer
3399

Untuk menghasilkan uang sekarang ini, setiap orang memiliki caranya masing-masing. Diakui atau tidak, usia bukanlah patokan untuk menjadi sejahtera secara ekonomi saat ini. Salah satu yang menjadikan itu dapat terwujud adalah karena adanya investasi.

Dengan berinvestasi, kemampuan diri (potensi) seseorang akan terlihat dan membentuk karakter menuju kedewasaan. Namun, menjadi pertanyaan sekarang investasi apa yang sesuai dengan usia Anda?

Memilih investasi dapat dikatakan susah-susah gampang, tergantung dari mana Anda melihatnya. Kali ini pembahasan pemilihan investasi akan dikaitkan dengan cara alokasi aset. Karena dalam pertanyaan sebelumnya terdapat "usia Anda", maka saya akan menambahkan judulnya menjadi 'cara alokasi aset menurut usia Anda.'

Mengalokasikan aset menurut usia seseorang sangatlah penting karena dengan melakukannya maka Anda akan mengetahui harus kemana uang Anda harus diinvestasikan, dan lagi hal ini akan membuat Anda semakin cermat untuk melakukan pemilihan jenis investasi. Beberapa tips cerdas di bawah ini yang akan membantu Anda untuk lebih mendalami bagaimana mengalokasikan aset menurut usia Anda:

1. Usia Pertengahan 20-an. Gaya Hidup pada usia ini adalah cepat, agresif, berpenghasilan tetap dan toleransi risiko tinggi. Bagi Anda yang berada dalam usia ini, disiplinkan diri Anda dalam hal menabung. Masuk dalam dunia baru, yakni dunia investasi/kerja, biasanya orang akan cenderung kaget. Dari yang dulunya hanya menerima uang berubah mencari uang sendiri dan apabila sudah memperolehnya maka itulah yang menjadi tanggung jawab Anda untuk mengelolanya. Jika Anda berada pada usia ini, mulai lakukan prioritas utama jangka pendek, yakni melepaskan diri dari ketergantungan orang tua. Investasi yang direkomendasikan: Saham 70%, obligasi 25%, deposito 5%.

2. Usia 30 sampai 40-an. Dalam jangka usia seperti ini, seseorang biasanya memiliki gaya hidup, yakni berpasangan, memiliki karir, mempunyai beberapa atau tanpa anak. Apabila ia bekerja, posisinya saat ini adalah middle sampai manajer senior. Berbagai fasilitas pun sudah didapat sesuai dengan jabatan yang dimilikinya.  Investasi yang direkomendasikan: Saham 60%, obligasi 35%, deposito 5%.

3. Usia Pertengahan 50-an. Di usia yang tidak lagi muda ini, biasanya gaya hidup yang dilakukan orang yang berada dalam usia adalah masih banyak menyisakan uang untuk pembayaran biaya pendidikan anak, mulai berpikir tentang pensiun dan kebutuhan untuk melindungi pendapatan. Oleh karenanya, investasi yang direkomendsasikan: Saham 50%, obligasi 45%, deposito 5%.

4. Usia 60-an Ke Atas. Dapat dikatakan usia ini adalah usia dimana seseorang menikmati masa-masa pensiun, tetapi juga harus berhati-hati karena dalam usia seperti ini biaya kesehatan cukup besar diperlukan. Karena itu investasi yang direkomendsasikan: Saham 30%, obligasi 60%, deposito 10%.

Tertarik menggunakan metode diatas? Apabila Anda tertarik, lakukan sekarang dan jangan tunda-tunda lagi. Selamat berinvestasi !!

Sumber : tipsanda.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami