Al Megrahi Teroris Yang Dibebaskan Karena Belaskasihan

Nasional / 21 August 2009

Kalangan Sendiri

Al Megrahi Teroris Yang Dibebaskan Karena Belaskasihan

Puji Astuti Official Writer
2664

Teroris yang meledakkan sebuah pesawat Pan Am dua puluh tahun lalu dan menewaskan 270 orang di bebaskan dan kembali ke negaranya Libya. Abdelbest Ali Mohmed al Megrahi menderita kanker prostat stadium akhir dan dibebaskan dari penjara Scotlandia dengan alasan belaskasihan . Kenny MacAskill, Sekretaris Kehakiman setempat menyatakan alasan pembebasan ini adalah karena belaskasihan dan mengatakan bahwa al Megrahi "pulang untuk mati."

Al Megrahi sendiri disambut di negaranya bagai pahlawan. Kerumunan menyambut al Megrahi dengan lambaian bendera dan tiupan terompet bandar udara militer di Tripoli. Pria yang berumur 57 tahun ini di vonis dokter hanya memiliki umur 3 bulan lagi.

Al Megrahi sendiri menyatakan dirinya tidak bersalah atas pemboman itu, dan dia dipenjara untuk sesuatu yang dirasanya tidak pernah dia lakukan.

Pembebasan terhadap al Megrahi ini menimbulkan berbagai kontroversi, salah satunya dari Presiden Amerika Barack Obama. Obama keberatan dengan pembebasan teroris tersebut dan merasa hal tersebut adalah keputusan yang salah. Menurutnya, sekalipun al Megrahi pulang ke negaranya, dia tetap harus dikenakan tahanan rumah.

Sumber : CNN/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami