Menjadi Ayah Terbaik Menurut Cara Tuhan

Parenting / 19 August 2009

Kalangan Sendiri

Menjadi Ayah Terbaik Menurut Cara Tuhan

Puji Astuti Official Writer
2785

Anda mungkin bisa menggunakan kaos yang bertuliskan "Ayah no 1 di dunia" atau minum dari cangkir bertuliskan "I love u dad" tanpa kasih yang sebenarnya dari anak Anda. Hubungan dengan putra-putri Anda bukanlah sekedar wacana ataupun statemen, hal itu perlu Anda usahakan.

Ketika Anda menjadi seorang ayah, Tuhan memberikan sebuah tanggung jawab yang sangat besar kepada Anda untuk mengasuh anak-anak Anda. Jangan biarkan waktu berlalu begitu saja, dan diujung  hari-hari Anda merindukan di panggil "ayah" atau "papa" oleh putra-putri Anda.

Sadarilah bahwa Anda merupakan gambaran Bapa Sorgawi, Anda merupakan wakilnya di dunia ini untuk mengasuh anak-anak Anda. Bagaimana anak-anak Anda melihat Bapa Sorgawi sangat dipengaruhi oeh pengalaman mereka bersama Anda di dunia ini. Sadarilah, Anda memegang sebuah kunci kehidupan yang sangat penting!

Jika Anda mengajar anak-anak Anda tidak lain, ajar mereka menurut jalan-jalan Allah. Itu adalah tugas Anda untuk membimbing mereka kepada terang Tuhan. Hal inilah yang anak Anda butuhkan dari Anda.

Hati yang penuh pertobatan. Hanya Tuhan yang sempurna. Jangan takut untuk melakukan kesalahan, karena Anda pasti akan melakukan itu satu dua kali bahkan lebih. Yang Anda perlu lakukan sebagai seorang ayah adalah bertobat. Jadilah seperti Raja Daud, dia memiliki hati yang penuh pertobatan dan cepat menyadari kesalahannya dan meminta pengampunan dari Tuhan. Hal ini akan menjadi sebuah teladan berharga bagi anak-anak Anda.

Kerendahan hati. Ketika Anda membentak anak Anda, sebuah kesempatan untuk berada di sisi mereka akan hilang, namun katakanlah "Ayah meminta maaf." Hal ini adalah sesuatu yang benar, dan memberikan Anda kesempatan untuk menunjukkan kerendahan hati sejati. Kalimat sederhana ini bukan hanya diperuntukkan bagi anak kecil, tapi bagi Anda juga. Perlakukan anak Anda dengan penuh hormat dengan memperhatikan bagaimana Anda memperlakukan mereka. Mereka akan bercermin pada Anda. Anda akan menjadi pemimpin dan juga pahlawan dalam hidup mereka. Jadi jangan terlalu meremehkan dampak hidup Anda bagi anak-anak Anda.

Jadillah seseorang yang saleh yang memberi dampak dalam hidup buah hati Anda, jadilah seseorang yang rendah hati dan transparan di hadapan Allah.

Waktu dan perhatian Anda. Saat-saat bersama mereka yang Anda masukkan di jadwal Anda yang padat. Ini adalah waktu berkualitas yang sangat penting bagi Anda dan anak-anak Anda. Waktu-waktu bersama Anda, akan menjadi kenangan yang membekas dalam hidup mereka, bahkan hingga mereka dewasa.

Penerimaan dan kasih. Apapun yang Anda berikan, pasti tujuannya untuk menunjukkan betapa Anda mengasihi anak Anda. Katakan, buktikan, tidak cukup Anda nyatakan dalam pemberian. Perkataan "aku mengasihimu," ingin mereka dengar dari mulut Anda. Peluk mereka, dan ijinkan mereka duduk di pangkuan Anda. Mereka ingin berada di dekat Anda tanpa rasa takut. Buat mereka merasa aman bersama Anda.

Ketika putra-putri Anda sudah mandiri bahkan telah berumah tangga, tetap bangun hubungan dengan mereka. Telephone mereka, kirimkan pesan singkat yang menguatkan, bahkan bila perlu email atau surati mereka.

Untuk menjadi ayah yang baik, membutuhkan pengorbanan waktu dan perhatian Anda. Ijinkan Tuhan menuntun Anda untuk menjadi ayah yang baik bagi anak-anak Anda. Dia tahu pasti cara yang benar untuk mengasuh mereka, dan Tuhan pun tahu pasti, Andalah orang yang paling tepat untuk menjadi ayah bagi anak-anak Anda.

Sumber : CBN.com
Halaman :
1

Ikuti Kami