Tips Praktis Merencanakan Keuangan Keluarga

Tips Praktis Merencanakan Keuangan Keluarga

Tammy Official Writer
3078

Perencanaan keuangan keluarga yang baik dapat Anda gunakan untuk mengelola pembelanjaan keluarga, sehingga Anda memiliki cukup uang baik untuk membayar tagihan, liburan, pendidikan anak dan pension. Berikut ini adalah Tips praktis mengelola keuangan keluarga:

1. Tagihan Bulanan. Kumpulkan seluruh tagihan triwulanan Anda, kemudian jumlahkan seluruhnya, lalu bagi tiga untuk mendapatkan rata-ratanya tagihan bulanannya, seperti tagihan telepon, biaya sekolah, asuransi dsb.

2. Pembelanjaan Bulanan. Kumpulkan pula seluruh pembelanjaan triwulanan Anda, kemudian jumlahkan lalu bagi tiga, untuk mendapatkan rata-rata total pembelanjaan Anda per bulan, seperti pembelian baju, mentraktir keluarga makan di restoran dsb.

3. Evaluasi Awal. Evaluasilah pembelanjaan Anda tersebut. Carilah peluang untuk berhemat serta pangkas pos-pos pembelanjaan yang tidak perlu.

4. Penyusunan Rencana Anggaran. Rencanakan Anggaran bulanan dan cobalah untuk mematuhinya dan mulailah mengalokasikan dana simpanan seperti tabungan, sertifikat deposito, asuransi pensiun.

5. Evaluasi Realisasi Anggaran. Telusuri pendapatan (income) dan pengeluaran bulanan (monthly expense) untuk mengevaluasi bagaimana rencana Anda telah berjalan, maka menyempurnakan untuk menghasilkan hasil yang diinginkan. Gunakan software keuangan untuk memperoleh hasil pengelolaan yang akurat serta mencari ‘kesalahan-kesalahan prilaku' Anda dalam membelanjakan keuangan keluarga.

Sumber : tipsanda.com

Ikuti Kami