Komding PSSI Bebaskan Persipura Dari Hukuman Komdis

Nasional / 15 August 2009

Kalangan Sendiri

Komding PSSI Bebaskan Persipura Dari Hukuman Komdis

Budhi Marpaung Official Writer
2984

Komisi Banding (Komding) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akhirnya mengabulkan keberatan dari manajemen tim Persipura atas hukuman yang diberikan Komisi Disiplin (Komdis), Jumat 14 Agustus 2009.

Hal ini dinyatakan langsung oleh Ketua Umum Komding PSSI, Rusdy Taher, pada pihak wartawan yang mewawancarainya di Kantor PSSI. Adapun yang menjadi alasan Komding membebaskan tim berjuluk "Mutiara Hitam" tersebut karena tidak terbuktinya pasal hukum yang dikenakan Komdis PSSI dalam menjatuhkan sanksi.

Menurut Rusdy, pasal hukum yang tercantum dalam manual liga pasal 27:6 tidak lah pas diberikan Komdis PSSI kepada tim yang bertabur pemain berbakat asal Indonesia tersebut. Pasal 27:6 yang terdapat dalam manual liga, lanjut Rusdy, hanya dapat diberikan apabila sebuah tim mundur dari jadwal kompetisi yang telah ditetapkan sebelumnya.

"Persipura hanya tidak melanjutkan pertandingan saat final Copa Indonesia 2008/2009. Karena itu, tidak bisa dihukum menggunakan manual liga pasal 27 : 6. Dengan demikian, Komding memutuskan untuk membebaskan Persipura dari keputusan Komdis PSSI," kata Rusdy.

Walaupun begitu, Komding tetap memberikan hukuman kepada Persipura berupa sanksi kalah 0-3 dan denda Rp 150 juta. Komding menilai bahwa tim yang saat ini dilatih Jackson F.Tiago tersebut telah melanggar pasal 56:1 Peraturan Organisasi (PO) PSSI.  

Sebelumnya, Komdis PSSI menghukum Persipura dengan larangan tampil selama satu musim di Copa Indonesia. Selain itu, tim asal timur Indonesia tersebut harus membayar denda Rp 100 juta. Sanksi ini diberikan karena Persipura menolak melanjutkan pertandingan ketika tampil di final Copa Indonesia 2008/2009. Dalam pertandingan tersebut, Sriwijaya yang diuntungkan dalam segalanya tersebut akhirnya menang WO dan didaulat sebagai jawara Copa Indonesia 2008/2009.

Selamat buat Persipura atas hasil keputusan yang baru saja dikeluarkan Komding PSSI. Semoga kenyataan pahit yang Anda-anda terima tidak menjadi sebuah sebuah akar pahit kepada bangsa ini. Indonesia adalah satu yang terbentang dari Sabang sampai Merauke dan tidak ada yang boleh meragukannya, termasuk masyarakat Papua saat ini. Tuhan berkati Indonesia..

Sumber : VIVAnews.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami