Bayi Kembar Siam Bontang Dioperasi Sepanjang Hari Ini

Nasional / 13 August 2009

Kalangan Sendiri

Bayi Kembar Siam Bontang Dioperasi Sepanjang Hari Ini

Lestari99 Official Writer
3362

Bayi kembar siam asal Bontang, Rosida-Rosita, yang lahir pada hari Minggu (8/2) pada pukul 00.20 WIB di RSUD Taman husada Bontang, Kalimantan Timur, akhirnya diputuskan untuk dilakukan operasi pemisahan hari ini oleh 100 tenaga medis dan profesor dari berbagai disiplin keilmuan, mulai dari profesor spesialis anastesi, bedah plastik, bedah anak, bedah torak, serta spesialis lainnya. Seluruh tenaga medis ini berasal dari tim dokter RSUD Dr Soetomo Surabaya.

Operasi pemisahan ini memang terhitung mendadak karena kondisi sang bayi kembar siam yang terus mengalami gangguan pernafasan akibat posisi kepala yang terus menengadah. Karena bersifat emergency, keberhasilan dari operasi pemisahan ini memang terhitung kecil, namun tim dokter akan berusaha maksimal untuk bisa menyelamatkan dua bayi, walaupun kemungkinan terburuknya hanya satu bayi saja yang bisa diselamatkan. Hal ini disampaikan oleh juru bicara Tim kembar Siam RSUD Dr Soetomo, Dr Agus harianto SpA (K).

Operasi mendadak ini terlihat dari tempat operasi yang biasanya dilakukan di gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) RSUD Dr Soetomo, namun karena jadwal operasi yang sedang penuh sehingga operasi dialihkan ke RS International Surabaya. Operasi dimulai sejak pukul 06.00 pagi dan rencananya baru akan berakhir sekitar pukul 21.00 malam nanti.

Rosida-Rosita terlahir dengan kondisi dempet dada dan perut (Conjoined Twins Thoraco Abdomino Phagus). Mereka hanya memiliki satu selaput jantung serta perkembangan tulang dada tidak sempurna. Bayi kembar siam ini juga hanya memiliki satu tali pusar. Berdoa saja semoga operasi Rosida-Rosita bisa berjalan lancar dan mereka berdua bisa selamat.

Sumber : tempointeraktif / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami